MAHASISWA ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL FISIP UGM KULIAH DI DPRD DIY 

dsc_0912-1Senin (5/12/2016) Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana didampingi Wakil Ketua Dharma Setiawan menerima kunjungan mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional (DIHI) UGM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Yogyakarta di Ruang rapur Lantai II DPRD DIY.

Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mengetahui secara langsung tentang kewenangan, tugas dan fungsi DPRD DIY yang meliputi membuat peraturan daerah (legislasi), penganggaran (budgeting) dan pengawasan (controlling). Mahasiswa juga ingin mengenal seluk beluk alat kelengkapan DPRD DIY beserta bidang yang dinaungi. Seperti Komisi A membidangi hukum-pemerintahan, Komisi B tentang Perekonomian, Komisi C tentang Pembangunan dan Komisi D tentang Kesejahteraan Rakyat.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan sejumlah mahasiswa dan mahasiswi mengajukan pertanyaan kepada ketua DPRD DIY tentu pertanyaan yang sedang aktual di masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana menjawab juga menjelaskan tentang UU Keistimewaan DIY serta Lima kewenangan DIY seputar urusan Keistimewaan. Kelima urusan tersebut adalah Tata Cara Pengisian Jabatan Gubernur – Wakil Gubernur DIY, Kelembagaan, Kebudayaan, Pertanahan dan Tata Ruang.

Yoeke juga menjelaskan dinamika yang terjadi di DPRD terkait keistimewaan dan raperda yang sedang di bahas. Tidak lupa juga yoeke membuka ruang bagi teman-teman yang ingin memberikan masukan DPRD DIY terbuka atas masukan teman-teman mahasiswa. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*