MAHASISWA SIDNEY TERTARIK PELAJARI TATA KELOLA PEMERINTAHAN DIY

SIDNEYRamadhan ke -14 (Rabu, 01/07) DPRD DIY kedatangan tamu mahasiswa dari Fakultas Hukum Sidney. Dipimpin Mr. Semen, para mahasiswa tersebut tertarik mempelajari tata  pemerintahan dan hukum di Indonesia terutama DIY. H. Yoeke Indra Agung Laksana SE, menuturkan DIY sebagai daerah istimewa memiliki kewenangan penuh menjalankan roda pemerintahan. Terkecuali dalam bidang agama, pertahanan keamanan, moneter dan fiskal serta peradilan. Ke empat bidang tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat. Adapun pendidikan, kesehatan, kelautan, industri kreatif, pertanian, kehutanan, pariwisata dll, DIY diberikan kebebasan. “Hal tersebut dimaksudkan agar pemerintah daerah dapat mengoptimalkan potensi daerah masing-masing.” Ungkap ketua DPRD DIY yang biasa disapa Yoeke.

“Keistimewaan DIY salah satunya dilihat dari peran raja merangkap Gubenur.” Tambah Yoeke. Yoeke bercerita di DIY pernah terjadi perbedaan pendapat dengan pemerintah pusat dalam masalah status Gubenur. Pemerintah pusat menginginkan raja tidak harus merangkap Gubenur, melainkan Gubenur dipilih langsung oleh rakyat. Namun masyarakat di DIY menolak dan akhirnya pemerintah pusat menyadari dan menerima.

Adapun Undang-Undang dan peraturan daerah di Yogyakarta tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945. Semua rancangan Undang-Undang diserahkan terlebih dahulu ke pemerintah pusat. “Jika bertentangan, maka tidak disahkan.” Ungkap Yoeke. Hal tersebut diakui Yoeke menjadikan tidak adanya konflik atau perbedaan pendapat dalam penyusunan regulasi.

Perihal anggaran, di masing-masing daerah memiliki Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD). Di DIY memiliki lima daerah kabupaten. Diantaranya Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunung Kidul. APBD tersebut didapat dari pendapatan asli daerah. Misal, pajak, retribusi dan pendapatan lain. Di provinsi mengambil pajak motor. Adapun hotel, restoran dll masuk masing-masing daerah kabupaten (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*