Mahasiswa UMY Audiensi dengan DPRD DIY

DSC_0269Selasa (25/03) Istianah ZA, SH, M. Hum dan Janu Ismadi. SE anggota dewan DPRD DIY menemui mahasiswa UMY di Ruang Rapur Lantai 2 DPRD DIY. Kunjungan mahasiswa UMY merupakan kunjungan belajar terkait dengan pemahaman fungsi lembaga legislatif, pemahaman mengenai legal drafting dan pemahaman mengenai metode/cara legislasi yang efektif terhadap masyarakat. Kunjungan ini merupakan kunjungan kolaborasi dari DPM FISIP, DPM Pendidikan Bahasa  dan Senat FE UMY.

Istianah ZA, SH, M. Hum memperkenalkan diri kemudian mulai menjawab pertanyaan yang di ajukan, DPRD provinsi mempunyai fungsi: a. legislasi; b. anggaran; dan c. pengawasan. Untuk proses legislasi di DPRD DIY dapat di baca bagian kelima UU No. 12 tahun 2011 bagaimana proses legislasi itu di jalankan. Untuk proses legislasi yang baik sehingga aspirasi masyarakat dapat terserap. Dalam menjaring aspirasi masyarakat kita adakan public hearing  yang di hadiri 150 elemen masyarakat dapat di undang dan di umumkan di media massa, dengan Audiensi masyarakat dapat memberikan masukan atas Perda tertentu di mana masyarakat ingin menyampaikan pendapat nya dan Reses atau kunker (kunjungan kerja) dengan ini kita jemput bola langsung terjun ke masyarakat. Untuk target Perda dapat di katakan DPRD DIY tidak jauh dari target walau tidak sepenuhnya di angka 80% dari 15 target Perda tercapai hanya 13.

Jalannya audiensi berjalan dengan sangat komunikatif tidak kurang dari 15 pertanyaan yang di ajukan oleh Mahasiswa dari UMY. Menjawab pertanyaan perbedaan Perda dan Perdais di DIY Istianah ZA, SH, M. Hum menjabarkan perbedaan nya adalah Perdais melibatkan pihak Kraton sejak awal proses awal hingga akhir dan melibatkan Sultan sebagai Gubernur. Perdais harus di ekspos di media massa sampai ke pedusunan agar apabila ada hal yang tidak sesuai dapat di ketahui sampai tingkat pedusunan di daerah DIY.

Selanjutnya menjelaskan sekaligus menjawab pertanyaan dari Muhammad dari DPM Bahasa UMY bagaimana Mahasiswa menyampaikan aspirasi nya, kalian sebagai mahasiswa dapat memberikan masukan terhadap Perda dengan cara-cara untuk menyampaikan aspirasi yang telah di kemukakan tadi. Dapat melalui audiensi mengikuti public hearing atau dengan cara berdemo karena demo merupakan salah satu bentuk penyampaian aspirasi dan saya juga pernah mengajak Mahasiswa saya di Fakultas Hukum UMY ikut hadir dalam suatu public hearing agar bisa mencermati dan memberikan masukan atau aspirasi ungkap Istianah ZA, SH, M. Hum yang dahulu adalah Dosen di Fakultas Hukum UMY. (hms.az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*