Manfaatkan Peluang Sambut MEA

DSC_0374“Jogja siap menyambut kehadiran MEA.” Ungkap Rahayu. Dinas Perindustrian dan Perdagangan tersebut mengaku telah mensosialisasikan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), masyarakat, juga mahasiswa. Yayuk sapaan akrab Rahayu menyatakan kehadiran MEA adalah peluang bagi DIY. DIY memiliki industri kreatif yang berdaya saing. Namun Yayuk menghimbau agar MEA benar-benar dipersiapkan.

Pelaku UMKM harus diberikan pembinaan dan pelatihan di bidang manjemen dan dipertemukan dengan pembeli melalui pameran-pameran. “Mereka harus menjadi UMKM yang tangguh.” Tandasnya.Dwi Wahyubudianto akan mendorong BPD untuk memberikan pemodalan kepada UMKM untuk pengembangan. Selain itu, wakil ketua komisi B tersebut menuntut pemerintah agar membuat konsep yang jelas dan detail. Artinya melakukan pendataan UMKM yang siap dan belum siap menghadapi MEA. “Sehingga tahu mana yang perlu dikasih pembinaan.”Ungkap DWI.

Adapun Ambar Tengku Sulistyani mengakui industri ekonomi kreatif DIY telah siap menghadapi MEA. “Tapi harus lebih dimotivasi lagi.” Ungkapnya. Selain itu, Ambar mengajak agar pengembangan branding lokal ditingkatkan. “Masyarakat harus di mindset agar bangga terhadap produk lokal.”

Ditanya perihal regulasi apa yang telah disiapkan untuk menghadapi MEA, Dharma Setiawan wakil pimpinan yang juga turut hadir mengaku regulasi sudah pepek. Sudah banyak regulasi yang disiapkan oleh legislatif. Dewan sebagai pengontrol dan pengawas berharap regulasi yang ada mampu dikontekstualisasikan sesuai tantangan yang ada. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*