Minat Pemuda Dalam Sektor Pertanian Masih rendah

workshop-1 Rabu (23/11/2016) Sejatinya sektor pertanian adalah sektor yang menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengingat pertumbuhan penduduk yang semakin besar maka kebutuhan akan pangan juga semakin tinggi. Namun yang terjadi malah sebaliknya, jumlah petani di Indonesia semakin tahun semakin menurun. Menurut data BPS, jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian secara nasional terus menurun dari tahun ke tahun. Dari 39,22 juta jiwa pada tahun 2013 menjadi 38,97 juta pada tahun 2014 dan turun lagi menjadi 37,75 juta pada tahun 2015. Hal tersebut juga terjadi di wilayah DIY. Fenomena seperti ini juga terjadi di wilayah DIY. Terdapat beberapa faktor yang mejadi penyebab menurunnya pekerja di sektor pertanian, didantaranya adalah berkurangnya lahan pertanian, air yang kurang memadai, anomali cuaca dan tenaga kerja. Khusus mengenai tenaga kerja, Erwin berharap agar anak muda mau untuk masuk kedalam sektor tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Erwin Nizar, Staf Ahli dari Fraksi Partai Golkar saat mengisi Workshop Penyampaian Draft Akhir Rancangan Pokok-pokok Pikiran DPRD DIY untuk RKPD DIY Tahun 2016 di Ruang Rapur Lantai 1 Gedung DPRD DIY. “Minat anak muda untuk berkecimpung di dunia pertaian mulai menurun, untuk itu sebaiknya dinas pertanian sering mengadakan pelatihan-pelatihan yang dapat menumbuhkan minat anak muda di sektor ertanian”, ungkap Erwin.

Workshop yang di moderatori oleh Arif Budiono, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menghadirkan Drs Mulyanto MM, Anang Saptoni, Erwin Nizar, Sipriyono SIP serta Drs Yanuar Wicaksono sebagai narasumber dan dihadiri oleh Kepala Dinas se DIY, BAPPEDA Kab/Kota se DIY serta beberapa tenaga ahli DPRD DIY. (aw)workshop-3

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*