NYIA Berpotensi Tingkatkan Ekonomi DIY

Medan, dprd-diy.go.id – Bandara internasional Yogyakarta baru  atau biasa disebut sebagai NYIA (New Yogyakarta International Airport) yang direncanakan beroprasi pada tahun 2019 berpotensi meningkatkan perekonomian DIY. Potensi tersebut disampaikan Arief Budi Santosa Kepala Bank Indonesia Sumatra Utara kepada wartawan unit DPRD DIY saat studi banding dengan sekretariat DPRD DIY pada kamis (23/02/2017). Arief Budi Santosa yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Bank Indonesia DIY selama tiga tahun tersebut mengungkapkan berdasarkan pengalaman Bandara Kualanamu yang menggantikan bandara Polonia, terbukti mampu meningkatkan perekonomian sebesar 0,33 %. “Meski saat ini perekonomian di Sumatra Utara sedang mengalami penurunan.” Jelasnya. Namun Arief sapaan akrab Arief Budi Santosa menjelaskan adanya bandara baru kualanamu dapat menekan penurunan ekonomi di Sumatra Utara.

Arief yang mengaku sudah cukup paham kondisi DIY, dalam merespon NYIA meyakini akan berdampak positif terhadap laju perekonomian DIY. Berdirinya NYIA dengan kapasitas layanan penerbangan yang lebih besar akan mampu mensinergikan berbagai potensi di daerah, baik pariwisata, perhotelan, kerajinan dan produksi makanan. Arief berharap adanya NYIA yang berlokasi di Temon, Kulonprogo akan meningkatkan kesejahteraan perekonomian warga Kulonprogo dan DIY. Karenanya ia berpesan agar DIY dan Kulonprogo harus benar-benar menyiapkan masyarakat setempat untuk dapat mengakses manfaat NYIA. “Jangan sampai masyarakat di daerah hanya menyaksikan karena peran-peran penting diisi oleh tenaga dari luar daerah.” Pesannya.

Merespon uraian Arief Budi Santosa, Wakil Ketua DPRD DIY yang dalam kesempatan tersebut turut hadir dalam studi banding menghimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, Pemkab Kulonprogo, dan pihak terkait melakukan kesiapan, sehingga ketika bandara telah dioperasikan dapat segera mengakses manfaatnya.

Sebelumnya, tepatnya pada Rabu (22/02/2017) studi banding juga dilakukan di Kabupaten Dili Serdang. Kepala dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang, Haris Binar Ginting di Pemkab Deli Serdang menuturkan telah melakukan persiapan menyambut bandara Kualanamu. Termasuk infrastruktur serta pembinaan masyarakat, sehingga ketika bandara Kualanamu beroprasi masyarakat telah memiliki kesiapan dengan baik. “Ternyata banyak sekali orang Deli Serdang yang bekerja di bandara.” Ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Beny Suharsono Plt Sekretariat DPRD DIY berharap keberadaan bandara baru Kualanamu dapat menginspirasi DIY terutama dalam penyiapan sumber daya manusia, infrastruktur, dan lainnya. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.