Pansus Bahas Draft Raperda Pemberdayaan dan Perlindungan Industri Kreatif, Koperasi, dan Usaha Kecil

Yogyakarta –Rabu (25/10) DPRD DIY mengadakan Rapat Kerja Pansus BA. Nomor 36 Tahun 2017 terkait Raperda tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Industri Kreatif, Koperasi, dan Usaha Kecil. Perundingan pasal, penambahan ayat, dan penambahan pasal baru, sebagaimana pasal 23 yang berbunyi, “Perizinan usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) huruf b berupa bantuan pendampingan dan proses perizinan”. Menurut Janu Ismadi, pasal tersebut sudah dikonsultasikan ke masing-masing pimpinan SKPD dan telah dikomunikasikan dengan Komisi B. Hasilnya, Pasal 23 tidak tepat untuk dimasukkan karena pasal tersebut berkaitan dengan Peraturan Perbankan. Sehingga Pasal 23 diubah menjadi, “Bank milik Pemerintah Daerah memberikan kemudahan akses pendanaan bagi pelaku usaha industri kreatif, koperasi, dan usaha kecil dalam bentuk kredit tanpa agunan, bunga rendah, subsidi, dan/atau program kemitraan dan bina lingkungan.

Selain itu, pasal 25 huruf (b) yang berbunyi, “Fasilitasi akses dari dan ke pasar” juga direvisi karena dinilai memiliki pengertian yang luas sehingga disederhanakan menjadi “Fasilitasi akses pasar”.

Begitu juga dengan Pasal 17 huruf c yang juga direvisi. Pasal semula berbunyi “mengembangkan potensi eksploitasi terhadap adanya sinergi pemerintah dan masyarakat termasuk didalamnya pelaku industri kreatif, koperasi, dan usaha kecil dengan menyediakan tempat kerja bersama (co-working space) dan fasilitas teknologi pendukungnya “ direvisi dengan lebih menekankan pada “penyediaan tempat kerja bersama”.

Setelah membahas sampai Bab IV yaitu bab penutup dengan total 35 pasal yang terdapat dalam Raperda Pemberdayaan dan Perlindungan Industri Kreatif, Koperasi, dan Usaha Kecil, rapat berlanjut membahas penjelasan pasal demi pasal yang perlu untuk dijelaskan. Namun dikarenakan pengusul revisi pasal terkait tidak datang pada rapat hari Rabu, maka rapat akan dilanjutkan lagi pada waktu yang akan disesuaikan. (BAN/VFN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*