Pansus LKPJ Semangat Ikuti Bimtek

BIMTEKJogja, dprd-diy.go.id – Selasa, (17/5/2016)  Panitia Pansus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) DPRD DIY mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Green Quality. Bimtek bertajuk Mekanisme Penyusunan LKPJ Tahun Anggaran Serta Sinkronisasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dengan (Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Priotitas Anggaran Sementaran(PPAS) dinilai Dharma Setiawan penting. Dharma Setiawan yang juga Wakil Ketua DPRD DIY tersebut berharap adanya Bimtek dapat memberikan manfaat pada kinerja Pansus.

DSC_0341Bimtek yang dibuka oleh Sri Suryaningsum dari UPN Kapus Litbang tersebut dimulai pukul 08.30. Ismail Amir didaulat menjadi narasumber. Konsultan perencanaan dan anggaran daerah tersebut menyampaikan LKPJ tidak sekedar pemenuhan syarat saja. Hal tersebut disetujui oleh Pansus LKPJ. “Harapannya DIY dapat menjadi teladan daerah-daerah lain.” Ungkapnya.

Ismail Amir juga menuturkan bahwasanya LKPJ seharusnya tidak hanya menyampaikan keberhasilan progam saja. Ia mencontohkan terkait progam pendidikan. “Dalam pendidikan output-nya pembangunan sekolah-sekolah. Tapi outcome-nya adalah pencerdasan anak bangsa.” Ungkapnya. Ismail menilai, keberhasilan penambanhan fasilitas pendidikan, belum dapat dikatakan berhasil jika tidak terjadi peningkatan dalam pencerdasan anak bangsa.

Selain pendidikan, Ismail Amir mencontohkan pembangunan Puskesmas. “Jika tidak disertai dengan peningkatan kesehatan masyarakat juga tidak bisa dikatakan telah berhasil.” Tambahnya. Ismail menjelaskan bahwa keberhasilan fasilitas kesehatan tersebut diuraikan dengan indikator-indikator misalnya dilihat dari angka kematian ibu saat melahirkan, angka kematian bayi, dan lain-lain. (S)DSC_0285

DSC_0313

DSC_0297

DSC_0298

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*