Pansus Pengawasan Perda Lingkungan Hidup Tinjau Langsung Rumah Pemotongan Ayam

Panitia Khusus (Pansus) BA.No. 24 Tahun 2018 tentang Pengawasan Peraturan Daerah (Perda) Lingkungan Hidup meninjau langsung Rumah  Pemotongan Ayam (RPA) Saliman pada Senin (25/6). Bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY, Pansus yang digawangi Suharwanto tersebut memastikan langsung area dan alat yang digunakan untuk pemotongan ayam. Fakta di lapangan, sebagaimana yang dilihat dituturkan Pansus telah sesuai dengan standart oprasional. Namun yang menjadi catatan condong terhadap pengawasan dari pemerintah.

Selain meninjau Rumah Pemotongan Ayam Saliman, Pansus juga tertarik untuk meninjau pengelolaan sampah dan limbah domestik Dusun Penduluan, Moyudan, Sleman. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran nyata respon masyarakat terhadap pengelolaan sampah sebagaimana yang diatur dalam Perda no. 3 tahun 2015 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pengawasan terhadap suatu Perda dilakukan untuk mengetahui sekaligus mengevaluasi suatu Perda. Apakah dalam pelaksaaan Perda sudah sesuai sebagaimana yang diatur dalam Perda, jika belum terlaksana alasannya kenapa adakah aturan yang tumpang tindih, ataukah sosialisasi yang belum menyeluruh ataukah terjadi peristiwa sosial sehingga menjadikan suatu Perda belum dapat diberlakukan secara masksimal.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.