Paripurna Menetapkan Peraturan Daerah tentang Moda Transportasi Tradisional

DSC_0263Jogja, dprd-diy.go.id – Hari ini rapat paripurna telah menetapkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Moda Transportasi Tradisional Andong dan Becak dalam Bahan Acara nomor 5 dan Menetapkan Raperwan tentang Perubahan Tatib dalam Bahan Acara Nomor 6 Tahun 2016 ditetapkan di Ruang Rapat Paripurna Lantai 1 Gedung DPRD DIY (19/2/206). Edy Susilo selaku Ketua Pansus dan sekaligus menjadi juru bicarana dalam Rapat Paripurna tersebut menyampaikan bahwa keberadaan Peraturan Daerah yang mengatur mengenai transportasi tradisional tersebut, Edy menyatakan bahwa keberadaan peraturan daerah ini akan menjamin 1. Menjamin keselamatan transportasi tradisional, 2. Menjamin keberadaan transportasi tradisional, c. Menata penyelenggaraan transportasi tradisional dan 4. Menjamin kesejahteraan bagi operator atau pengemudi moda transportasi tradisional.

Dengan adanya peraturan daerah ini, Pemerintah mengatur mengenai hal-hal terkait dengan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk meyakinkan bahwa menaiki kendaraan baik andong dan becak itu aman dari segala hal. Aman dari penipuan yang dilakukan oleh oknum pengemudi baik andong maupun becak, aman dari kecelakaan akibat dari kurang diperhatikannya aspek keselamatan kedua kendaraan tersebut.

Keberadaan peraturan daerah transportasi tradisional ini menjadi lebih menjamin keberadaan kedua moda transportasi ini dan sekaligus melestarikannya untuk mendukung pariwisata di Indonesia sekaligus menjadi ciri khas yang dimiliki oleh DIY sebagai kota wisata kedua setelah Bali.

Penyelenggaraan moda transportasi andong dan becak yang sebelumnya kurang diatur, maka dengan keberadaan peraturan daerah ini diharapkan akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Demikian juga bahwa dengan adanya peraturan daerah ini, ini berarti bahwa pemerintah saat ini akan lebih memperhatikan kesejahteraan mereka melalui program-program seperti pembinaan bagi para pengemudi baik andong maupun becak serta memperoleh dukungan dari instansi lain untuk dapat mengakses pembiayaan untuk mendukung moda transportasi ini dan memberikan kepercayaan yang jauh lebih baik dari para pengunjung di DIY.

Keberadaan peraturan daerah ini diharapkan akan lebih dapat mendukung pendidikan, pariwisata, budaya dan sosial serta perekonomian DIY menjadi lebih baik. Ada 3 aspek penting yang ada dalam peraturan daerah ini yaitu aspek penyenggaraan dan penataan, aspek keselamatan dan aspek pelestarian.

Dalam aspek penyelenggaraan diupayakan dengan melalui pemenuhan administrasi, sarana dan prasarana secara trasnparan, dan pengaturan mengenai penetapan kawasan operasional untuk transportasi kedua transportasi tradisional ini. Sedangkan aspek keselamatan dapat dicapai dengan pemenuhan persyaratan sarana dan prasarana moda transportasi serta para pengemudinya. Sementara aspek pelestarian menuntut peran semua pihak agar moda transportasi tersebut tetap lestari harus diperhatikan mengenai pemanfaatannya dan pengembangannya kedua transportasi tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*