Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD DIY Masa Jabatan Tahun 2014-2019

pelantikan pimpinan dprd diy 2014-2019Rabu (08/10) Empat pimpinan definitif DPRD DIY masa jabatan tahun 2014-2019 dilantik dan diambil sumpahnya dalam Rapat Paripurna Istimewa Masa Persidangan ke III Tahun sidang 2014. Susunan Pimpinan Dewan DPRD DIY masa jabatan tahun 2014-2019 ialah :

1. Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana. SE (PDIP),

2. Wakil Ketua I Arif Noor Hartanto S.IP (PAN),

3. Wakil Ketua II Hj. Ranny Widayanti. SE. MM (Golkar) dan

4. Wakil Ketua III Dharma Setyawan. MBA (Gerindra).

Dengan ini Untuk ke dua kalinya Yoeke Indra Agung Laksana. SE menduduki kursi pimpinan DPRD DIY yang pada masa jabatan 2009-2014 juga menjabat sebagai ketua DPRD DIY. Sebelum acara pengambilan sumpah wakil pimpinan sementara Arif Noor Hartanto S.IP menyampaikan laporan pelaksanaan tugas pimpinan sementara DPRD DIY. Diantara laporan pelaksanaan tugas yang ialah, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi juga menginformasikan berdasarkan surat dari fraksi kebangkitan demokrasi nomor 04/FKD/DPRD-DIY/IX/2014 adanya gabungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berganti nama menjadi Fraksi Kebangkitan Nasional setelah sebelumnya mengusung nama Fraksi Kebangkitan Demokrasi juga memfasilitasi terbentuknya penyusunan rancangan peraturan DPRD DIY tentang Tata Tertib.

Di lanjut dengan pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Sekretaris DPRD DIY Ir. Drajat Ruswandono. Mt membacakan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor: 161.34-3695.

Pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD DIY di pandu oleh ketua pengadilan tinggi Yogyakarta Sugeng Achmad Yudhi. SH kemudian Penyerahan kepemimpinan DPRD DIY dari pimpinan sementara kepada pimpinan definit DPRD DIY secara simbolis ditandai dengan penyerahan palu. Penyerahan kepemimpinan pimpinan sementara kepada pimpinan definitif dilaksanakan oleh Arif Noor Hartanto S.IP sebagai wakil pimpinan sementara kepada H. Yoeke Indra Agung Laksana. SE sebagai ketua DPRD DIY masa jabatan 2014-2019 didampingi oleh pimpinan definitif lainnya.

Seusai diambil sumpahnya, Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana SE, memberi sambutan, dan menyampaikan bahwa dengan adanya pimpinan definitif DPRD DIY maka ketugasan dewan segera dapat berjalan secara optimal. Keistimewaan Yogyakarta merupakan akselerator penting guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta pada khususnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutan nya berharap kalau-pun realitas politik dalam pengambilan keputusan memang harus bergantung pada fraksi sebagai mana pelaksana garis partai, hendaknya pimpinan dewan mengingat kembali makna ter dalam dari sumpah jabatan yang terucap sebagai pemegang harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Akhir kata Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengucapkan selamat bekerja dan mengabdi bagi kepentingan Rakyat, Bangsa dan Negara Semoga tuhan Yang Maha Kuasa Berkenan menunjukkan jalan lurus-Nya bagi kepentingan Rakyat, Bangsa dan Negara. (hms/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*