Pemerintahan DIY WTP Ke-Delapan Kalinya BPK RI Berikan Apresiasi Tinggi dan Catatan

Jumat 05/25/2018 Wakil Ketua BPK RI Prof Dr Bahrullah Akbar secara langsung menghadiri Paripurna Istimewa DPRD DIY Penyerahan  laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017, dalam sambutanya Bahrullah Akbar diruang paripurna lantai 1 DPRD DIY menyampaikan, bahwa BPK memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PEMDA DIY dan memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah istimewa Yogyakarta tahun anggaran 2017.  Untuk ke-delapan kalinya Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan predikat opini WTP.

Beliau juga menyampaikan opini WTP merupakan penyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan , bukan merupakan “jaminan” tidak adanya fraud yang ditemui, ataupun kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari.

Adapaun yang menjadi beberapa permasalahan terkait pengelolaan pendapatan, persediaan dan aset tetap SMA/SMK sehubungan pengalihan kewenangan pengelolaan urusan pendidikan menengah.  Permasalahan yang juga perhatian terkait pertambangan perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban reklamasi, pelaksanaan operasional angkutan umum perkotaan bersubsidi Trans Jogja.

Yoeke Indra Agung Laksana SE selaku KETUA DPRD DIY  mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atas kerjasama yang telah terbina dengan baik selama ini. Berharap bahwa hasil pencermatan ini akan membawa manfaat untuk perbaikan kinerja Pemerintah Daerah DIY khususnya terkait dengan kedua hal tersebut. Tujuan akhir dari semua ini pada gilirannya adalah semata-mata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta.  Kita berharap semua semoga hasil dari pencermatan LHP ini nantinya akan mendapatkan opini yang baik

Begitupun Gubernur DIY Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan DIY yang telah melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2017. Keberhasilan PEMDA DIY meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sampai saat ini merupakan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak baik eksekutif maupun legislatif juga bimbingan dari BPK Perwakilan DIY. Namun demikian masih terdapat kelemahan-kelemahan berupa temuan harus segera kami tindak lanjuti sesuai dengan rekomendasi yang di berikan BPK. Temuan ini menjadi bahan introspeksi diri (pemda DIY) dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di harapkan Pemda DIY menjadi lebih baik, transparan dan akuntabel. (az)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.