Pemilih yang Tidak Terdaftar Dapat Menggunakan Hak Suaranya

DSC_0003 (420x279)Diskusi Forum bertema Kesiapan DIY Menyongsong Pemilu 2014 dengan pembicara Prof. Dr. Tadjuddin Noer Effendi dari Fisipol UGM, Hamdan Kurniawan, SIP, MA dari KPU DIY, dan Haryanta, SH dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY dilaksanakan pada Selasa (04/02) di Ruang Rapat Paripurna Lt. I pukul 10.00 dan dimoderatori oleh Eko Suwanto, ST, MSi dan dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota Komisi A DPRD DIY serta seluruh SKPD terkait.
Dalam diskusi ini dilakukan pembahasan mengenai daftar pemilih dalam rangka persiapan pemilu 2014 yang akan berlangsung beberapa bulan lagi. Antara lain mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan, serta pemilih yang tidak terdaftar yang dapat melakukan pencoblosan dengan menunjukkan E-KTP pada TPS yang bersangkutan untuk menggunakan hak suaranya. Sebenarnya EKTP adalah salah satu program yang bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan pemilu, secara langsung bagi pemilik EKTP dapat membawa EKTP tersebut untuk menggunakan hak suara. Namun sayangnya, sampai pada saat ini EKTP masih dalam proses penyelesaian sehingga belum merata kepemilikannya. Sebagai tambahan, mahasiswa atau orang yang berada di Wilayah DIY berasal dari luar daerah dapat ikut serta dalam pemilu di wilayah DIY dengan catatan yang bersangkutan menarik DPT pada daerah asal kemudian didaftarkan ke TPS baru wilayah DIY.
Drs. H. Ahmad Subangi mengutarakan bahwa sosialisasi intensif kepada masyarakat sangat diperlukan agar masyarakat mengetahui adanya tindak lanjut bagi pemilih yang tidak terdaftar ternyata dapat ikut serta dalam pemilu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Menurut Arif Noor Hartanto, Ketua Komisi A DPRD DIY sebenarnya pelaksanaan pemilu dapat dimudahkan dengan menggunakan data kependudukan sebagai acuannya. KPU bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mendapatkan data kependudukan yang memenuhi syarat sebagai DPT. “Perbaikan sistem pemilu yang ada sangat diperlukan, berjalannya proses pendataan untuk dicari formulasi yang lebih baik”, tambah Hamdan Kurniawan, SIP, MA. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*