Pengajian Rutin Sekretariat DPRD DIY  

DSC_0743

Agenda rutin yang dilaksanakan setiap Kamis akhir bulan yang diadakan sekretariat DPRD DIY yang jatuh pada Kamis (26/02) dihadiri oleh seluruh karyawan Sekretariat DPRD DIY bersama takmir masjid Hotel Inna Garuda, Dinas Pariwisata, dan UPT Malioboro. Dilaksanakan di Masjid DPRD DIY dengan narasumber Ust. Muhammad, membahas tentang bagaimana menghadirkan kebaikan pada pribadi manusia.

Seluruh manusia pada dasarnya sama, yang membedakan ialah segala sesuatu yang ada di dalamnya. Termasuk akhlaq pribadi manusia.

“Membangun pribadi yang baik pada anak dapat dilakukan dengan cara membisikkan kata-kata yang baik ketika sebelum tidur”, tutur ustadz. Mendidik anak sebaiknya tidak menggunakan kata ‘tidak’ dan ‘jangan’. Mendidik anak sebaik-baiknya dengan cara mengarahkan seorang anak ke arah yang lebih baik. Dengan membisikkan ketika seseorang berada di alam bawah sadar, Inshaa Allah menjadi waktu yang paling bagus.

Untuk menghadirkan kebaikan, kita harus memiliki cita-cita. Karena cita-cita ini adalah visi yang harus dicapai.

Dalam QS Al Qashash:77, “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerus.”

Yg kedua, harus memiliki harta karena seluruh rukun islam bahkan membutuhkan harta. Ketiga, untuk menarik datangnya kebaikan harus pandai bersyukur, yaitu dengan menempatkan apa yang telah diterima pada tempatnya. Syukur memiliki 3 tingkatan, yaitu dengan mengucap hamdallah, sujud syukur, dan mengambil sebagian nikmat yang diterima untuk diberikan kepada pihak yang berhak menerima. Sedekah senantiasa akan memberikan seseorang rejeki yang berlipat ganda dari apa yang telah di sedekahkan.

Yg terakhir dalam menarik datangnya kebaikan adalah tawakal, kita hanya bisa merencanakan dan berbuat tetapi hasil akhirnya berada di tangan Allah.

Tidak lupa kita juga harus menghindari perilaku kurang disiplin, kurang rapi, kurang teliti, kurang kuliah yaitu kurang mendapatkan pencerahan dalam pembelajaran, dan kurang semangat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*