PENGAJIAN RUTINAN KAMIS AKHIR BULAN “ALLAH MAHA SEMPURNA”

pengajian kamis akhir bulan

Seperti biasa di kamis akhir bulan, DPRD DIY selalu mengadakan pengajian di masjid Malioboro. Kali ini momen tersebut bertepatan dengan Ramadhan. H. Tri Suyutiyanto selaku wakil ketua takmir masjid Malioboro, menghadirkan penceramah Nur Hari Musthofa, S.Ag. M.Si. Alumnus pondok pesantren Krapyak tersebut menyampaikan kesempurnaan Allah SWT. “Allah maha sempurna.” Ungkapnya.

Nur Hari Musthofa bercerita tentang seorang abdi yang selalu memandang segala peristiwa adalah wujud dan bukti kesempurnaan Allah. Suatu ketika raja mengajak abdinya berburu. Kejadian mengerikan dialami oleh sang raja. Binatang buas menerkam sang raja, namun sang abdi segera menyelamatkan dengan membunuh binatang tersebut. Meski akhirnya terselamatkan, sang raja harus rela kehilangan jarinya. Melihat kenyataan tersebut si abdi memuji kesempurnaan allah  atas hilangnya jari sang raja. Raja marah dan memenjarakan si abdi.

Suatu ketika sang raja kembali berburu. Sang raja  bertemu dan ditangkap suku primitif. Sang raja ketakutan dan pasrah dirinya akan dijadikan persembahan dewa. Namun, karena  jarinya tidak lengkap, sang raja selamat. Ia pun segera mendatangi si abdi sekembalinya dari berburu. Sang raja bercerita akan hikmah dibalik peristiwa yang dilaluinya. Penasaran, sang raja bertanya kepada abdi. “Kalau Allah maha sempurna, kenapa kamu berada di penjara?” si abdi menjawab “Seandainya saya tidak dipenjara, saya akan ikut paduka berburu dan dijadikan persembahan dewa suku primitif. Saya akan terbunuh.”

Dari kisah tersebut Nur Hari Musthofa mengajak para jama’ah agar bersyukur terhadap nikmat yang diterima dan bersabar ketika diuji Allah. Pujiati, bagian persidangan mengaku kesulitan menerapkan sikap selalu bersyukur dan bersabar. Menanggapi hal tersebut, Nur Hari Musthofa mengungkapkan pentingnya berlatih membiasakan diri bersyukur dan bersabar.

Pengajian berlangsung dari pukul 08.00-09.15. Hal ini diakui H. Tri Suyutiyanto tidak seperti biasanya yang selesai pukul 09.00. Para jama’ah juga terlihat antusias menyimak dan bertanya. Diantaranya Rustam, Yuli, Lusi, Suwipro,dan Fitryana Dewayani. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*