Pengayaan Materi Pansus BA5, Kunjungi Kantor Samsat Bantul

DSC_0061 (420x279)Peninjauan yang dilaksanakan oleh Pansus BA 5 dalam rangka mencari masukan untuk pembahasan Pansus BA 5 tahun 2014 dengan tema “Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah”  pada Selasa (18/03) bertempat di Kantor Samsat Kabupaten Bantul.

Rancangan peraturan daerah ini dibentuk sebagai upaya untuk membantu pemerintah daerah membangun regulasi sebagai perlindungan terhadap dana yang berasal dari lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sehingga terbentuklah payung hukum yang mengaturnya. Penjaringan masukan sebelumnya telah dilaksanakan di Sleman, untuk kemudian daerah-daerah lain di DIY akan menjadi agenda berikutnya. Dengan adanya masukan-masukan dari daerah diharapkan tidak ada aturan yang tercecer yang berkaitan dengan penerimaan asli daerah yang sah diatur dalam perda ini, ungkap Ketua Pansus BA 5 Joko B. Purnomo, SE. “Pasal-pasal yang ada dalam perda ini harus mempunyai landasan hukum yang jelas dan pasti, sebisa mungkin hindari pasal yang berisi kata lain-lain karena hal tersebut menjadi pasal karet yang semuanya bisa masuk kedalam itu”, tambah Isti’anah Z, SH, M.Hum.

Seperti contohnya untuk Kantor Samsat pada saat ini penerimaan dana lain-lain berasal dari notice pajak STNK, pemanfaatan sewa lahan parkir, kantin, dll. Lahan parkir khususnya, untuk saat ini telah diatur dengan adanya penyerahan pajak sebesar 20% kepada pihak terkait, baik lahan parkir milik pemerintah maupun lahan parkir yang dimiliki pribadi. Penyerahan pajak ini harus dilakukan karena telah diatur dalam undang-undang. Selain dana parkir yang telah diatur dalam undang-undang selanjutnya dana lain-lain akan dapat diatur dengan lahirnya perda yang khusus mengatur lain-lain pendapatan asli daerah yang sah tersebut. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*