Penonton pun Terpingkal-pingkal saat Anggota DPRD DIY Main Ketoprak

Ketua DPRD DIY Youke Indra Agung Laksana, Joko Purnomo dan Nuryadi (F-PDIP) beradu akting dengan Yu Beruk dalam pentas Ketoprak Lintas Fraksi di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul. Foto/SINDOnews/Ainun Nadjib

BANTUL – Pentas ketoprak di Kompleks Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, Sabtu (30/9/2017) malam terasa istimewa. Tujuh anggota DPRD DIY ikut naik pentas. Meski bukan pemain profesional, aksi mereka tak kalah dengan seniman lainnya. Aksi kocak mereka membuat penonton terpingkal-pingkal.

Adalah Youke Indra Agung Laksana (ketua DPRD DIY), Joko Purnomo, Chang Wendryanto, Nuryadi, Rb Dwi Wahyudi, Suwardi, dan Kuswanto menjadi bintang panggung. Saat Youke, Joko Purnomo, dan Nuryadi naik pentas berkolaborasi dengan artis ketoprak senior Yu Beruk, penonton terpingkal-pingkal dengan ulah mereka. Bahkan, aksi Joko Purnomo di atas panggung layaknya seniman profesional.

“Saya memang suka seni, meski tak pernah ikut latihan saya bisa menyesuaikan diri karena sudah biasa ikut main ketoprak dan kumpul dengan seniman,” ujar Joko Purnomo.

Mantan Ketua DPRD Bantul ini bahkan sering membuat penonton terpingkal-pingkal dengan ulah lucunya bersama Yu Beruk. Anggota DPRD yang lain, Nuryadi, juga mampu mengimbangi pemain lain. Sesekali Nuryadi melempar joke segar yang mampu menghidupkan suasana.

Meski agak terlihat kaku, penampilan Ketua DPRD DIY Youke Agung Indra juga mampu menyedot perhatian. Badannya yang tinggi besar kadang menjadi bahan guyonan Yu Beruk. “Saya baru pertama kali ini main ketoprak. Belum pernah ikut latihan juga. Pokoknya yakin saja dan tidak grogi,” ujarnya sebelum naik pentas.

Penanggung Jawab Kegiatan Suwardi mengaku kegiatan ini sebagi bentuk keberpihakan anggota DPRD terhadap seniman. Menurutnya, kegiatan seperti ini telah rutin dilaksanakan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk melestarikan budaya.

“Ini bentuk golong gilig anggota dewan dengan seniman dan masyarakat. Ke depan kami berharap bisa terus berjalan kegiatan semacam ini,” kata anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Suwardi yang juga mantan Lurah Desa Mangunan tampak antusias saat pentas. Meski mengaku baru pertama kali main ketoprak, dia terlihat mampu menguasai panggung. Penguasaannya terhadap bahasa Jawa kromo mampu membuatnya tampil maksimal.

Sutradara Nano Asmorodono mengatakan, ketoprak lintas fraksi ini mengambil lakon Damarwulan Ambassador. Mengambil cerita tentang konflik Kerajaan Majapahit yang dilanda pemberontakan Minakjinggo, Adipati Blambangan. Minakjinggo memberontak lantaran keinginannya untuk memperistri Ratu Kencana Wungu ditolak mentah-mentah.

Selain Yu Beruk sejumlah pemain profesional seperti Dalijo ikut meramaikan pentas ini. Seniman lokal dari Mangunan juga dilibatkan.

sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*