Peran DPRD DIY dalam Pelaksanaan RPJMD

 

Selasa (23/09) DPRD DIY mengadakan forum diskusi wartawan yang rutin digelar setiap 3 bulan sekali untuk menjalin mitra dengan wartawan unit DPRD DIY. Acara yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Lantai 2 ini mengangkat tema Peran DPRD DIY dalam Pelaksanaan Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) DIY. Pimpinan sementara DPRD DIY, Arif Noor Hartanto bertindak sebagai narasumber dalam diskusi ini dihadiri oleh Anggota DPRD DIY, Chang Wendryanto SH, KPH Purbodiningrat SE MBA, Dwi Wahyu Budianto, SPd Msi, Nurjanah, Drs Suwardi, H Muhammad Zuhrif Hudaya ST, dan Anton Prabu Semendawai SH.

Dalam rencana-rencana pembangunan yang telah direncanakan dalam RPJMD terdapat capaian target yang belum terpenuhi 100%, akan tetapi terdapat beberapa titik yang sudah melampaui target dari RPJMD yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, angka capaian target RPJMD harus diubah sehingga logikanya anggaran dapat dicapai dengan angka yang telah diperbarui. “Pembaharuan dilakukan bukan dengan menurunkan angka target, DPRD DIY optimis dengan adanya pemerintahan satriya pada eksekutif DIY serta adanya TPP yang menunjang kinerjanya sehingga tidak ada alasan untuk menurunkan target capaian kecuali adanya force major.”, ungkap Arif Noor Hartanto, SIP. DPRD dengan fungsi pengawasan yang dimiliki perlu mencermati perencanaan target RPJMD harus sesuai tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi. “Semoga RPJMD dapat dicermati mendalam lagi oleh DPRD periode baru”, harapnya.

Kemiskinan yang masih menempati angka tinggi di DIY menjadi perhatian ketika IPM DIY berada pada peringkat atas. Seharusnya dengan peringkat IPM tinggi, DIY memiliki angka kemiskinan rendah. Strategi-strategi DPRD untuk menelusuri sebab-sebab atas ketimpangan tersebut akan terus dicari solusi penyelesaiannya. (hms.efm)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*