Pergub 69/2014 Lahir, LOD dan LOS ke DPRD DIY

Kamis (23/10) Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) menyelenggarakan audiensi bertempat di Ruang Lobby Lt 1 DPRD DIY diterima oleh Anggota Fraksi PKS, Agus Sumartono, S.Si dan anggota DPRD DIY lainnya beserta Biro Organisasi dan Biro Hukum DIY.

LOD dan LOS mengajukan keberatan dengan lahirnya Pergub No 69 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja LO DIY yang salah satunya mengamanatkan bahwa LOD dan LOS dijadikan sebuah lembaga yang bernama Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumadi, SH, MH Kepala Biro Hukum Setda DIY memberikan keterangan terkait penggabungan LOD dan LOS menjadi Lembaga Ombudsman DIY sesuai dengan Pergub No 69. Menurutnya hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kerja tugas dan fungsi tanpa mengurangi kewenangan keduanya. Pemerintah tidak mengkebiri eksistensi keduanya justru dengan lahirnya Pergub ini, keberadaan Lembaga Ombudsman lebih dikuatkan lagi. Salah satunya dalam Pergub 69 tahun 2014 terdapat pasal yang memberikan kewenangan kepada Lembaga Ombudsman untuk menindaklanjuti secara langsung atas prakarsa sendiri jika ditemukan penyimpangan pelayanan publik, terang Jarot Budi Harjo Kepala Biro Organisasi Setda DIY. Oleh karena itu, dengan Pergub 69 Tahun 2014 tersebut nantinya lembaga ombudsman dapat lebih berperan dalam hal pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik.

“Pihak DPRD DIY akan mengkaji terlebih dahulu esensi Pergub No 69 tahun 2014 agar isinya tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada diatasnya”, Agus Sumartono, S.Si menanggapi sekaligus menutup acara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*