Peringati 20 Tahun Reformasi Forum BEM DIY Sambangi DPRD DIY

bem diy reformasi

Jogja, dprd-diy.go.id – Forum BEM DIY (FBD) yang dikoordinatori oleh Amrin Esarey, berorasi di halaman Gedung DPRD DIY, Selasa (22/5) sekitar pukul 14.00. Massa yang berjumlah puluhan tersebut datang mengenakan atribut kampus masing-masing. Orasi bertujuan untuk menyatakan sikap FBD terkait peringatan 20 Tahun Reformasi dan Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam orasinya, FBD menyatakan bahwa masyarakat Indonesia masih tersandra dengan berbagai persoalan bangsa yang belum diselesaikan, pelanggaran HAM, korupsi serta kesenjangan ekonomi masih menajdi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Terlebih lagi, adanya disintegrate pemahaman Kebangsaaan dan Nasionalisme. Munculnya gerakan radikal dan maraknya peristiwa terorisme di berbagai daerah menunjukkan bahwa cita-cita Reformasi belum sepenuhnya terlaksana.

“Mulai saat ini, kita akan menyuarakan, bahwa kita akan melawan, mengkritisi, dan membungkam sistem yang tidak berpihak kepada masyarakat Indonesia.” Pekik Romli Muallim, perwakilan BEM UIN Sunan Kali Jaga dalam orasinya. Mereka berpendapat bahwa persoalan bangsa Indonesia tidak ikut terlibat didalamnya. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa mereka menginginkan untuk ikut ambil bagian dalam memajukan bangsa, dan akan terus menyuarakan apa yang menjadi keresahan masyarakat.Dalam penutup orasi tersebut, orasi FBD membacakan deklarasi yang menyatakan untuk terus menuntut komitmen Pemerintah Eksekutif dan Legislatif untuk lebih serius menjaga bangsa ini dan oknum yang ingin memecah belah dengan gerakan radikalisme, terorisme dan separatisme. FBD mendesak supaya DPR RI segera mengesahkan revisi RUU Terorisme, serta menuntaskan kasus pelanggaran HAM yang menimpa para aktifis dalam peristiwa Reformasi 98. FBD juga memohon supaya Pemerintah untuk memberantas korupsi tanpa pandang bulu serta meminta Pemerintah serta Elite Politik agar mampu menjadi conoh dalam pelaksanaan ekonomi kerakyatan, sehingga tidaka da lagi kesenjangan ekonomi. Serta, FBD menuntut pemerintah agar terus menjalankan sistem demokrasi dengan mengusung nilai-nilai Pancasila demi kemajuan Bangsa Indonesia. (NABR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.