Rapat Paripurna – Jawaban Pengusul Terhadap Pemandangan Umum Fraksi atas Raperda Tentang Energi Terbarukan

Jogja, dprd-diy.go.id – Selasa, (13/2/2018) berlangsung Rapat Paripurna  di Lantai 1 Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD DIY. Rapat ini diadakan dalam rangka untuk melanjutkan pembahasan terhadap jawaban dari pengusul. Pandangan anggota melalui Fraksi-Fraksi terhadap rancangan peraturan Daerah usul Prakasa dari beberapa Komisi di DPRD DIY. Berlangsungnya rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD yaitu H. Yoeke Indra Agung L, SE serta wakil ketua DPRD serta jajarannya yang ikut hadir dalam berlangsungnya rapat ini. Dalam rapat ini memiliki beberapa pembahasan yang salah satunya adalah jawaban dari pengusul terhadap pandangan Anggota melalui Fraksi-Fraksi atas penjelasan pengusul mengenai Raperda usul prakasa Komisi C DPRD DIY tentang Energi Terbarukan tersebut dalam acara Nomor 9 Tahun 2018.

Pada pembahasan mengenai Raperda usul prakasa dari Komisi C tentang Energi Terbarukan ini, berdasarkan dari penjelasan yang sebelumnya sudah dipaparkan dapat dikatakan sebagian besar menyetujui terkait Raperda Energi Terbarukan ini, namun tetap terdapat beberapa pertanyaan yang butuh jawaban dari pengusul. Dimulai dari tanggapan yang diberikan oleh Fraksi PDIP yang mana mendapat dukungan dari PDIP dan diharapkan Energi Terbarukan ini untuk bisa segera ditetapkan, dan juga ada beberapa masukan yang dapat diterima secara baik. Selanjutnya dari Fraksi PAN yang ada beberapa poin yang akan diberikan jawaban terkait pertanyaan yang diajukan, salah satunya menyampaikan bahwa Raperda Energi Terbarukan ini setelah ditelaah maka dengan penuh keyakinan tidak akan bertentangan dengan RUEG yang akan disusun. Selanjutnya menanggapi dari Fraksi Partai GOLKAR yang dimana prinsipnya mendorong Energi Terbarukan agar dapat segera dapat ditetapkan, dan dari Fraksi Partai GOLKAR meminta untuk dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil dari luar Daerah.

Berikut juga dengan Fraksi-Fraksi lainnya seperti Fraksi GERINDRA, Fraksi PKS dan juga Persatuan Demokrat, yang sudah memberikan tanggapan, dukungan dan pertanyaan kepada tim pengusul Raperda tentang Energi Terbarukan, semua tanggapan yang diberikan diterima secara baik dan diberikan respon yang positif serta dapat dijawab secara tanggap oleh Komisi C. Maka dengan jawaban yang telah diberikan diharapkan bahwa sudah memenuhi penjelasan kepada Fraksi-Fraksi, dan dari itu Komisi C atau tim pengusul mengharapkan agar Raperda tentang Energi Terbarukan ini dapat segera disetujui dan segera dapat ditetapkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.