RAT Koperasi Setwan Full Doorprice

IMG-20160319-WA0006Jogja, dprd-diy.go.id – RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tahun 2015 Koperasi Pegawai Negeri Sekretariat DPRD DIY telah diselenggarakan di Ruang Lobby Lt. 1 DPRD DIY, Sabtu (19/3/2016). SHU (Sisa Hasil Usaha) Koperasi yang beranggotakan 102 anggota untuk tahun 2015 ini berhasil mencapai Rp. 24.939.050,00. Sebagai sebuah koperasi yang belum lama diaktifkan, yaitu sejak Tahun 2012, Koperasi Setwan ini dipandang telah berhasil dengan baik.

Sekretaris DPRD DIY, Ir. Drajad Ruswandono, M.M., yang hadir selaku Pembina Koperasi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pengurus yang telah bekerja keras sehingga RAT dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Pesan yang disampaikan Drajadi yaitu agar Koperasi ke depan semakin maju dan menjadi koperasi yang kuat dan kokoh.

Sambutan juga disampaikan oleh Drs. Rusdianto MM, dari PKPRI (Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Kota Yogyakarta. Pesan yang disampaikan bahwa untuk mengelola koperasi ada 3 hal yang harus menjadi perhatian yaitu bener, pener dan kober. Menurutnya koperasi harus dikelola oleh pengurus yang memiliki integritas baik, memiliki kemampuan atau kapasitas yang cukup dan memiliki waktu yang longgar untuk mengelolanya.

Sambutan lain juga disampaikan oleh Ir. Ujiwati Samsidar, dari Dinas Koperasi Kota Yogyakarta. Pesan yang disampaikannya adalah agar Koperasi ini dapat berjalan dengan baik, maka pengurus koperasi harus lebih memperhatikan kepada anggota koperasinya. Dalam kesempatan itu, Ujiwati sekaligus  memberikan sertifikat penilaian untuk Koperasi Setwan DIY dengan nilai sebesar “81,10”, kategori sehat. Sedangkan penilaian dari Kementerian Koperasi Republik Indonesia Koperasi Setwan memperoleh nilai kategori “Cukup Berkualitas”.

Rapat Koperasi berlangsung dengan sangat antusias dan sekaligus pemilihan pengurus baru untuk tahun 2016 s.d. 2019 itu berlangsung dengan sangat meriah.

Beberapa pertanyaan yang muncul dalam rapat pertanggungjawaban pengurus antara lain terkait dengan bagaimana pembagian andil mengenai tabungan, pinjaman dan transaksi-transaksi lain, permintaan penjelasan mengenai penggunaan dana beban usaha dan pengelolaan terkait dengan usaha koperasi yang masih menghadapi banyak hambatan dan permintaan ruang Sekretariat Koperasi agar Koperasi dapat berjalan lebih baik. Usulan lain agar dimasa yang akan datang agar waktu pembahasan RAT ini lebih diperhatikan agar dapat menghasilkan rumusan pengelolaan koperasi yang lebih baik.

Sementara itu, pemilihan pengurus koperasi juga telah berlangsung dengan baik dengan hasil sebagai berikut: Ketua: Sawiya, Sekretaris: Tri Suyutiyanto S Pd dan Bendarahar: Parni, SIP. Sedangkan untuk pengawas Koperasi telah dipilih dengan hasil sebagai berikut: Ketua: Dra. Titik Susanti, dan anggota: Susanto SH, Anyoko Priyatno SH, MM, dan Budi Nugroho SH MM.

Setelah diputuskan, Calon Ketua Baru untuk Periode 2016-2019, Sawiya menyatakan tidak sanggup untuk menjadi ketua dengan alasan ingin agar koperasi di masa yang akan datang dapat berjalan lebih baik lagi. “Saya tidak sanggup sejak awal justru untuk kebaikan koperasi menjadi lebih baik di masa mendatang,” ungkapnya.

Pertanyaan-pertanyaan dapat dijawab oleh pengurus dengan baik. Sedangkan terkait dengan masukan-masukan untuk perbaikan koperasi di masa mendatang menjadi catatan bagi pengurus koperasi untuk memperoleh perhatian.

Hal yang menarik dari penyelenggarakan RAT Koperasi Setwan ini adalah adanya doorprice yang cukup banyak untuk dibagikan kepada anggota yang hadir dalam RAT tersebut. Hadiah utamanya yaitu 3 buah sepeda yang berhasil diraih oleh Riyanta, Anggara dan Santi. Hampir semua anggota memperoleh hadiah doorprice.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*