Relokasi Sunday Morning, DPRD DIY Mediasi UGM

Penyampaian aspirasi Himpunan Pedagang (HIMPA) UGM didampingi LBH Yogyakarta terkait dengan rencana relokasi “Sunday Morning UGM” di Gedung DPRD DIY pada Senin (2/06) lalu ditindak lanjuti dengan pelaksanaan audiensi antara Anggota DPRD DIY bersama pihak-pihak UGM pada Kamis (5/06). Bertempat di Ruang Transit Lantai 1 Gedung DPRD DIY dipimpin oleh Ketua DPRD DIY, H. Yoeke Indra Agung Laksana, SE didampingi oleh Ketua Komisi B Ir. Gatot Setyo Susilo, MM, dan Drs. Agus Mulyono, MM serta Diah Irawati S.

Keberatan yang disampaikan HIMPA Sunday Morning UGM terhadap rencana relokasi lahan ke sebelah timur yang telah diujicoba selama satu bulan terjadi penurunan tingkat penghasilan serta tidak terlepas dari permasalahan horisontal seperti adanya pungutan liar yang dilakukan oleh preman-preman setempat. Dalam kesempatan ini, DPRD DIY bersifat sebagai mediator yang memfasilitasi aspirasi yang dilayangkan oleh HIMPA kepada pihak UGM.

Rencana relokasi pedagang Sunday Morning UGM memang seharusnya tidak mengurangi penghasilan pedagang, namun dengan adanya rencana relokasi ini juga diimbangi dengan adanya peningkatan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat menghasilkan pendapatan sama seperti sebelumnya atau bahkan lebih, tutur Ketua DPRD DIY H. Yoeke Indra Agung Laksana, SE. Beliau juga menambahkan, pihak DPRD DIY tidak dapat terjun terlalu jauh menghadapi masalah relokasi lahan hanya sebagai mediator karena relokasi menjadi kebijakan pihak UGM sebagai pemilik tanah.

Wakil Rektor Bidang SDM & Asset UGM, Prof. Dr. Ir Budi Santoso Wignyosukarto Dip. HE menyampaikan, rencana relokasi pedagang dari Jalan Notonegoro sampai Jalan Olahraga ke Jalan Lingkar Timur UGM dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat mengakses jalan menuju Graha Sabha Pramana (GSP) melalui jalan tersebut. Dengan hal itu, masyarakat pun dapat melakukan dua hal sekaligus dalam satu waktu, yakni berolahraga serta berwisata belanja di Sunday Morning UGM. Terlebih pada saat ini pada lahan baru tujuan relokasi di Jalan Lingkar Timur UGM sudah dilakukan perluasan menjorok 5m dari muka jalan sepanjang 300m. Selain itu terdapat agenda senam sehat pada setiap Minggu pagi yang akan semakin menarik konsumen untuk berbelanja seusai mereka senam. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*