Setwan adakan Seminar Grand Design Pengembangan Transportasi DIY

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY bekerjasama dengan Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM kemarin Rabu (26/9) di hotel Grage Yogyakarta, telah mengadakan seminar dengan thema Grand Design Pengembangan Transportasi DIY., dengan 3 (tiga) nara sumber/Pembicara yaitu : Prof . Ir Sigit Priyanto, M.Sc, Ph.D dari UGM, Ir Heru Sutomo, M.Sc, Ph.D dari Pustral UGM serta Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY.
Acara seminar dipandu oleh Suharwanto, ST dari Komisi C DPRD DIY sebagai moderator, seminar juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kimpraswil dan ESDM DIY Ir Rani, yang merupakan peserta seminar, beberapa lembaga terkait, Organda, serta Instansi terkait lainnya baik Provinsi maupun Kota/Kabupaten, tidak ketinggalan pula beberapa mahasiswa dan wartawan serta anggota DPRD DIY..
Dalam paparannya ketiga narasumber mengemukakan beberapa hal terkait dengan transportasi kota, Pendistribusian Transportasi wilayah DIYserta pengembangan ke depan, Dikemukakan pula bahwa saat ini pengembangan wilayah DIY cenderung ke arah utara, ini salah satunya karena adanya transportasi yang berkembang di wilayah utara, namun kedepan Daerah Selatan pun akan segera bergeliat karena kini beberapa sarana transportasi mengarah ke sana sebagai contoh adanya bandara udara yang akan dibangun di pesisir pantai selatan Kulonprogo. Hal ini akan berdampak bagi perkembangan wilayah di Daerah Selatan, yang juga akan berpengaruh bagi pengembangan sarana transportasi yang dibutuhkan sebagai pendukung Bandara. Wacana yang berkembang nantinya Jalur kereta api juga akan dikembangkan ke arah bandara .
Angkutan perkotaan juga akan dikembangkan, sarana jalan perkotaan juga akan dikembangkan kalau perlu diatas sungai dibangun jalan(kini sedang dijajagi), sebagai pilot projec kini telah dicoba di atas Kali mambu Umbulharjo, yang diatasnya dibangun prasarana jalan. Untuk mengurangi kepadatan angkutan perkotaan harus dapat bersaing dan menjadi pilihan masyarakat . bahkan Harwanto disela-sela memandu jalannya seminar, melontarkan ide untuk menggratiskan ongkos angkutan kota (Trans Jogja) pada jam-jam tertentu, namun hal ini perlu kajian lebih lanjut demikian jawaban Kepala Dinas HUBKOMINFO DIY.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*