Siap Jadikan DIY Percontohan Tata Kelola Adminduk

inungRencana dijadikannya DIY sebagai pilot percontohan nasional tatanan kelola Adminduk (Administrasi Kependudukan) pada tahun 2016, menggugah DPRD DIY untuk mencari referensi ke Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI. Kunjungan yang diwakili wakil ketua DPRD DIY tersebut dilakukan pada kamis, (28/04/2016). Politikus fraksi PAN berharap mendapatkan gambaran model tata kelola pelaksanaan administrasi kependudukan yang komprehensif untuk diterapkan di provinsi.

Tata kelola pelaksanaan Adminduk adalah pelaksanaan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota secara komprehensif, sistematis, terukur, dan berkesinambungan berdasarkan pendekatan suatu sistem.Terdapat sembilan aspek data tata kelola pelaksanaan administrasi kependudukan. Di antaranya, pemantapan regulasi, penguatan kelembagaan, pembinaan aparatur, peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan kepemilikan dokumen, ketepatan penyusunan progam dan kegiatan Adminduk, pengelolaan, akuntabilitas pelaporan keuangan dan aset, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan pada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Dan Daerah)/ lembaga pengguna, perbaikan infrastuktur, dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Sasarannya dijadikannya DIY sebagai pilot percontohan nasional tatanan kelola Adminduk pada tahun 2016, guna meningkatkan kualitas pelayanan Adminduk. Selain itu untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan dan pemanfaatan data kependudukan oleh SKPD

Adapun targetnya yakni meningkatnya pelayanan Adminduk yang sesuai dengan SOP/ISO, NIK,KK,KTP, dan KIA dimiliki penduduk secara menyeluruh. Begitu juga dengan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten/Kota serta akta-akta lainnya. Sehingga, SKPD dan lembaga pengguna dapat saling terkoneksi dengan Dinasdukcapil Kabupaten/ Kota. “Harapannya nanti DIY berhasil menjadi model nasional dan replikasi ke Kabupaten/Kota lain di Indonesia.”Harap Inung. (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*