Siswa SMK I Pengasih Datangi DPRD DIY

Selasa,(17/05/17) Pramuka SMK I Pengasih Kulonprogo belajar ke DPRD DIY. Supriyono selaku Guru Pembimbing berharap dengan mengajak siswanya ke DPRD DIY, para siswanya akan mendapatkan pengetahuan politik langsung dari praktisi. Kesempatan tersebut diterima baik oleh Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana serta anggota komisi D yang membidangi pendidikan dan kesejahteraan yakni Hamam Muttaqin.

Yoeke bersyukur atas inisiatif Supriyono mengajak para siswa belajar langsung ke DPRD DIY. Yoeke, sapaan akrab Yoeke Indra Agung Laksana menjelaskan tentang peran dan tugas DPRD DIY yakni menetapkan anggaran, membentuk produk hukum, dan pengawasan. Jika dikaitkan dengan keistimewaan produk hukum yang dibentuk dalam bidang pendidikan misal Peraturan Daerah (Perda) No. 5 tahun 2011 tentang pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan berbasis budaya.

Selain itu, keisitimewaan DIY meliputi lima kewenangan yakni tentang kelembagaan, penetapan Gubenur dan Wakil Gubenur, Pertanahan, tata ruang, dan kebudayaan. Hamam Muttaqin menambahkan, kinerja dewan dilaksanakan salah satunya melalui komisi. Terdapat empat komisi di DPRD DIY yang memiliki bidang garapan tertentu. Komisi A mengurusi pemerintahan, komisi B tentang perekonomian, komisi C tentang dan komisi D tentang pendidikan dan kesejahteraan. Adapun fraksi di DPRD DIY terdapat 7 fraksi meliputi Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PKS, Fraksi Kebangkitan Nasional, dan Fraksi Persatuan Demokrat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.