Sosialisasi Pengisian LHKPN Anggota DPRD DIY

DSC_0385Perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan sosialisasi terkait tata cara pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Senin (16/06) bertempat di Ruang Rapur Lt. 1 Gedung DPRD DIY. Dalam sosialisasi ini, hadir anggota-anggota DPRD DIY beserta staf ahli faksi maupun staf fraksi.

Dalam sosialisasi yang disampaikan oleh tim fasilitator LHKPN dari KPK, Rika Krisdianawati sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 dalam Pasal 5 ayat (3) bahwa setiap penyelenggara negara berkewajiban melaporkan dan mengumumkan harta kekayaannya sebelum dan sesudah menjabat. LHKPN juga wajib diperbaharui setiap 2 tahun untuk jabatan atau posisi yang sama. Namun jika terjadi mutasi, promosi, atau pensiun, pejabat yang bersangkutan harus melaporkan kembali LHKPN. “Dua tahun untuk reguler dan jika terjadi mutasi, promosi dan pensiun maka harus melapor kembali dengan cara mengisi form B,” imbuh tim fasilitator LHKPN.Sedangkan laporan harta kekayaan kali ini bertujuan untuk melaporkan harta kekayaan anggota dewan yang telah habis masa tugasnya pada periode ini.

Pelaporan harta kekayaan pejabat penyelenggara negara merupakan suatu wujud ketaatan. Kepemilikan harta juga harus jelas dalam laporan. Penyampaian harta kekayaan dalam LHKPN tidak dikurangi atau dilebih-lebihkan, dalam mengisi harta kekayaan harus sebenar-benarnya. Harta kekayaan yang dilaporkan adalah seluruh harta  kekayaan penyelenggara negara beserta pasangan sah dan anak yang masih menjadi tanggungan secara financial meskipun anak tersebut telah menikah.

LHKPN yang telah diisi anggota dewan diserahkan kembali kepada KPK dengan batasan waktu dua minggu setelah sosialisasi, atau dengan kata lain anggota dewan menyerahkan LHKPN paling lambat pada 30 Juni 2014. “Apabila dalam penyampaian LHKPN yang telah diisi anggota dewan terdapat kekurangan, kami akan menyampaikan kekurangan yang bersangkutan kepada sekretariat dewan untuk ditindaklanjuti”, pungkas Rika Krisdianawati. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*