Sosialisasikan Moda Transportasi Tradisional Becak Dan Andong Ke Masyarakat

DSC_0764Jogja, dprd-diy.go.id. Perda (Peraturan Daerah) Moda Transportasi Becak dan Andong disosialisasikan ke masyarakat pada pasa Rabu, (02/03/2016) melalui dialog interaktif di TVRI, dua narasumber dari Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanto dan ketua Pansus (Panitia Khusus) Edy Susila dihadirkan. Sigit Haryanto mengakui Perda yang berawal dari inisiatif eksekutif ini dilatarbelakangi harapan agar DIY dapat melestarikan transportasi tradisional Becak dan Andong. Selain pelestarian Becak dan Andong, belum adanya kepastian tarif Becak dan Andong serta tingkat kesejahteraan pengayuh Becak dan kusir Andong yang tidak terperhatikan menjadi latar belakang munculnya inisiatif Perda Moda Transportasi Tradisional.

Terdapat perdebatan saat pembahasan Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) moda transportasi tradisional. Termasuk cakupan transportasi tradisional yang dinilai tidak hanya berupa Becak dan Andong, begitu juga dengan Dokar. Hal tersebut diakui Edy Susila, menjadi masukan untuk dapat membahas moda transportasi tradisional dengan lebih jeli dan cermat. Edy Susila bersama tim Pansus membatasi jenis transportasi tradisional yakni Becak dan Andong. Usai mencapai kesepakatan, judul Raperda yang kini telah disahkan menjadi Perda berbunyi moda transportasi tradisional Becak dan Andong.

“Apa langkah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan pengayuh Becak dan kusir Andong?” ditanya demikian Sigit Haryanto berharap dengan diaturnya Becak dan Andong dalam Perda, pendapatan pengemudi meningkat. Sigit Haryanto juga mengakui akan memberikan insentif kepada pengayuh Becak dan kusir andong. Insentif tersebut tidak semata-mata berupa uang, melainkan pembinaan dan peningkatan pendapatan.

Edy Susila mengamini apa yang telah disampaikan Sigit Haryanto. Bagaimana jika wisatawan yang berkunjung ke Jogja merasa ada yang kurang ketika tidak naik Becak dan Andong?. Ketika pengunjung telah ter-maindset demikian, jelas pendapatan akan meningkat. Untuk membuat Becak dan Andong menarik, maka akan dibikinkan ciri khas yang menjadi nilai khas Becak dan Andong. (S)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*