Studi Banding tentang Kedudukan Protokoler & Keuangan, DPRD Provinsi Jambi kunjungi DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (3/8/2017) DPRD DIY menerima kunjungan kerja dari Pansus PP No. 18 Tahun 2017 DPRD Provinsi Jambi dengan tujuan untuk studi banding tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan. Rombongan yang berjumlah 37 orang ini dipimpin oleh Chumaidi Zaidi, S.E dan Drs. AR Syahbandar, keduanya selaku wakil ketua DPRD Provinsi Jambi dan diterima oleh Hj. Rany Widayati, S.E., M.M selaku wakil ketua DPRD DIY dan juga dihadiri Purwanto RS  perwakilan dari Biro Hukum Setda DIY.

Bertempat di Lobby lantai 1 gedung DPRD DIY, kunjungan kerja ini dibuka dengan pembahasan mengenai inisiatif DPRD DIY terhadap PP No. 18 Tahun 2017.

“Inisiatif DPRD DIY dilakukan dengan koordinasi bersama kemendagri, namun karena peraturan menteri belum keluar maka kami hanya sekedar dasar-dasar isi PP Nomor 18 Tahun 2017 dengan tidak menyebutkan angka, selain itu juga kami masih menunggu fasilitasi sebelum pada akhirnya nanti ditetapkan” Ungkap Rany.

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai inisiatif DPRD Jambi yang merencanakan akan menggunakan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.49/2017 untuk menetapkan besaran reses, perwakilan DPRD Jambi meminta pendapat apakah hal ini tepat atau tidak. Rany menjelaskan bahwa PMK tidak digunakan di DIY maupun provinsi lain untuk menetapkan besarnya reses, karena PMK tersebut digunakan untuk penyusunan APBN maka untuk penetapan reses yang dijadikan acuan adalah Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) tentunya dengan memperhatikan kemampuan daerah.

Dilanjutkan dengan pembahasan lain mengenai PP Nomor 18 Tahun 2017, setelah merasa cukup kedua pihak baik DPRD DIY dan DPRD Provinsi Jambi berharap kunjungan ini dapat menjadi upaya silaturahmi juga sebagai studi banding bagi masing-masing daerah dalam menyikapi PP ini. Kunjungan Kerja dilanjutkan dengan tukar-menukar cenderamata dan makan siang bersama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*