Study visit from Sydney University School of law dan UGM

DSC_0523DPRD DIY kedatangan tamu dari Sydney University School of law Australia dan UGM dengan Tujuan mengetahui sistem hukum di Indonesia (parlemen),  peran dan fungsi pemerintah daerah, ingin sejauh mana kekuasaan itu di berikan dan secara khusus pemerintahan daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mahasiswa ditemui langsung oleh H. Yoeke Indra Agung. Se pimpinan DPRD DIY.

Yoeke mengucapkan selamat datang dan mengucapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa dari Sydney University School of law karena DPRD DIY dijadikan tujuan untuk belajar. Dalam kesempatan ini menjelaskan bagaimana sejak 1999 pemerintahan daerah telah berubah sejak ada pengaturan tentang otonomi daerah. Prinsip otonomi mendekatkan program pemerintah pusat kepada masyarakat, pada 1999 Indonesia membuat UU Otonomi Daerah, bisa di bilang pelayan publik di berikan kepada daerah. Tetapi beberapa urusan menjadi kewenangan pusat, yaitu pertahanan, urusan Agama, urusan Moneter dan urusan Kerja sama dengan luar negeri.

Sehingga daerah mempunyai kesempatan menjadi pelayan publik seluas-luasnya kepada masyarakat di daerah. kesempatan ini di lakukan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Berdasarkan UU ini parlemen dan pemerintah melakukan yang terbaik untuk kemakmuran rakyat, dengan langkah membuat aturan (Peraturan Daerah). Untuk itu kita tidak bergantung dengan pemerintah pusat, contohnya adalah peraturan daerah.  Tetapi dalam penyusunannya mendapatkan masukan dari masyarakat. Fungsi yang ada bagi DPRD adalah fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Legislasi ialah pembuatan aturan, dewan dan menyusun anggaran belanja selama satu tahun, untuk pengawasan melakukan pengawasan yang di laksanakan pemerintah.

DIY berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, yang paling menonjol adalah puncak kekuasaan di pegang Sultan yang bertakhta dari Kraton dan wakil dari Adi Pati yang bertakhta dari Pakualaman,  UU Keistimewaan Yogyakarta mengaturnya.  Selain itu semua peraturan atau UU Sama dengan provinsi lainnya.

Dalam sesi tanya jawab terdapat pertanyaan sederhana namun menggelitik dari Sydney,  siapa yang duduk di kursi hitam itu? Yoeke yang tengah duduk di kursi tersebut tersenyum lalu menjelaskan kursi ini adalah kursi yang diduduki oleh pimpinan dewan dan ruangan ini adalah ruangan Badan anggaran dimana dewan rapat untuk menentukan anggaran.

Tidak ketinggalan Amalia ingin tahu apa isu yang hangat terdekat ini? Kita sedang membuat Peraturan Daerah istimewa,  setelah  pusat mengeluarkan UU keistimewaan kemudian  tugas dari pemerintah DIY membuat perda istimewa nya yang merupakan Peraturan yang implementatif. (hms/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*