Tingkatkan PAD di bidang pariwisata dan BUMD DPRD JATIM berkunjung ke DPRD DIY

whatsapp-image-2016-11-01-at-17-38-40(28/10/06) Ketua Dewan Yoeke Indra Agung L. bersama dengan pejabat dari dinas DPPKA DIY, BAPPEDA DIY, DISPAR DIY dan Biro Umum DIY menerima Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Timur Dalam rangka mencari masukan terkait dengan upaya DPRD untuk meningkatkan P.A.D dari sektor Pariwisata dan BUMD di ruangan lobby DPRD DIY.

Melalui Hasan Irsyad anggota banggar DPRD JATIM menuturkan bahwa, APBD Jatim Tahun 2017 mengalami penurunan pendapatan daerah yang berasal dari retribusi daerah, DAU dan DAK, sehingga Belanja Daerah juga mengalami penurunan dari Tahun 2016.  Tahun 2016 Belanja Daerah mencapai 24 trilyun 616 milyar lebih, sedangkan Tahun 2017 hanya sebesar 23 trilyun 827 milyar lebih. Pendapatan Daerah Tahun 2016 mencapai 23 trilyun 927 milyar lebih, sedangkan untuk tahun 2017 hanya 2whatsapp-image-2016-11-02-at-08-25-303 trilyun 520 milyar lebih. Oleh karena itu kami ingin tahu bagaimana DIY mengelola Pariwisata, sehingga pariwisata kami JATIM bisa menjadi pemasukan bagi PAD.

Yoeke Indra Agung Laksana menjelaskan bahwa pariwisata di DIY tumbuh secara alami dan tinggal dijalankan. Mohon doa restu, nanti akan di bangun bandara internasional di DIY harapannya dengan di bangunnya bandara ini akan menunjang pertumbuhan wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara karena wisman mancanegara bisa langsung terbang ke Jogja.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata Dispar DIY Setiawan menuturkan bahwa pendapatan DIY dari sektor pariwisata ini untuk tahun 2016 sekitar 300 miliar yang meliputi 4 kabupaten dan 1 kota. Kemajuan ini karena didukung oleh tumbuhnya ratusan desa wisata yang berada di DIY. Disamping dari pariwisata DIY juga dapat memberikan pendapatan dari BUMD DIY. “BUMD yang memberikan kontribusi PAD DIY yaitu dari PT AMI”, tutur Amin Purwani dari DPPKA.

“Kami juga memaksimalkan dana keistimewaan dan kami juga terus melakukan upaya kerjasama antar kabupaten dan kota di DIY agar pariwisata DIY maju”, tutup ketua DPRD DIY Yoeke.(az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*