SENAT MAHASISWA UGM MINTA PENJELASAN KINERJA DPRD DIY

DSC_0256Jum’at (23/10) senat mahasiswa keluarga mahasiswa UGM meminta penjelasan kinerja DPRD DIY. Rany Widayati hadir dan menyambut senang atas kepedulian UGM terhadap kinerja dewan. “Saya sangat bangga kepada mahasiswa yang berkenan audiensi.” Ungkap Rany sapaan akrab wakil pimpinan dari Fraksi Golkar.

Rany juga menuturkan keprihatinannya terhadap mahasiswa yang lebih memilih aksi di jalan. Meskipun demikian, Rany tetap mengapresiasi cara apapun yang ditempuh masyarakat atau mahasiswa dalam menyuarakan aspirasinya. “Pada dasarnya kapanpun kita siap untuk diajak audiensi, asal secara prosedur di taati.” Tambah Rany.

Koordinator senat mengaku berterimakasih dan siap untuk beraudiensi demi dapat mengikuti alur perkembangan politik di DIY. “Langkah aksi di jalan adalah pilihan terakhir.” Ungkapnya.

Rany yang ditemani Diyah Ratih Kabag Legislasi memperkenalkan struktur kepemimpinan DPRD DIY. Selain itu, ia juga mengenalkan adanya Panitia Khusus (Pansus) dan komisi-komisi yang mengurusi bidang-bidang tertentu. Adapun kinerja DPRD DIY adalah salah satunya membuat produk hukum.

Dalam pembuatan produk hukum, DPRD DIY bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas-Dinas dan tenaga ahli agar dalam penetapan produk hukum tidak rancu  dalam pelaksanaannya di masyarakat. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi serta Public Hearing guna menjaring aspirasi dari masyarakat.

Diyah Ratih menambahkan beberapa hal terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dilakukan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). “Raperda dapat diusulkan eksekutif maupun legislatif.” Ungkap Diyah Ratih. Diyah Ratih mengaku dalam kurun hampir satu tahun DPRD DIY telah menyusun dan menetapkan 16 Perda. “Hanya tinggal empat Perda yang masih dirumuskan.” Tambahnya. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*