Undang-Undang tentang Desa Mulai Di Sosialisasikan

DSC_0275 (420x279)Jumat 28/02 DPRD D.I.Y menfasilitasi Sosialiasi Undang-Undang Tentang DESA. Hadir dalam sosialisasi perwakilan  dari DPR RI, Anggota Dewan DPRD DIY, perwakilan BPD yogya dan Ahli. Sosialisasi di moderator oleh Agus Sumartono, S.Si dari komisi A, sebagai Nara Sumber Agus Purnomo perwakilan dari DPR RI, Krisdyatmiko Direktur IRE (Institute for Research and Empowerment) & Dosen PSDK Fisipol UGM dan Krisnanto Adi Nugroho BPK Perwakilan DIY.

Agus purnomo menuturkan “sejarahnya UU desa merupakan pengembangan dari UU otonomi daerah, dan terdapat anggaran yang besar bagi tiap-tiap desa. Pola alokasi berdasarkan wilayah, jumlah penduduk karena tiap desa memiliki jumlah penduduk yang berbeda dan selanjutnya akan di atur secara detail di dalam PP.”

Selanjutnya Krisdyatmiko Direktur IRE “Dengan adanya UU DESA posisi desa dinaikan posisi kewenangannya, terjadinya demokrasi di desa. Desa dapat mengelola aset-aset desa, aset desa menjadi isu penting dalam tanda kutip terjadinya “kapitalisasi desa” oleh karena itu desa harus melindungi aset desa. “

Karena dalam pelaksanaanya menggunakan uang Negara tentunya harus adanya pengawasan dan pertanggung jawabannya.  Krisnanto Adi Nugroho BPK Perwakilan DIY menuturkan “setiap desa harus paham betul Konsep Akuntabilitas, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, SPI Sebagai Fundamental Akuntabilitas, Pengelolaan Keuangan Desa yang tidak melanggar ketentuan perundang-undangan”.

Lahirnya UU ini harus di sambut gembira untuk perkembangan skala lokal desa  tapi tetap harus cermat dan teliti dalam pengelolaannya.  Pengelolaan yang baik akan berdampak baik pula untuk desa, sebaliknya pengelolaan yang salah tentu berdampak pada desa pula. (hms. Az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*