Veteran harus di perhatikan oleh pemerintah

lvri diy audiensi dengan dprd diy (4)
lvri DIY bersama Pimpinan DPRD DIY

Pengurus dan anggota Veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia ( LVRI) DIY datangi DPRD DIY untuk beraudiensi perihal Veteran di DIY. Ditemui secara langsung oleh pimpinan DPRD DIY Yoeke Indra Agung, Dharma Setiawan dan Rani Widayati di ruang transit lantai 2 DPRD DIY.

Sudarno DPD DIY LVRI sampaikan kendala yang di hadapi Veteran di DIY, selama ini veteran di DIY tidak mendapatkan suport Anggaran tidak seperti daerah lain, kita juga sudah menghadap gubernur juga dan Gubernur memberikan sikap positif untuk memperhatikan veteran. Harapannya di tahun 2017 veteran sudah memiliki kantor yang baik untuk menghadapi kongres LVRI di DIY di tahun 2017 nanti. Setidaknya LVRI diberi bantuan seperti ATK, sampai-sampai  hari veteran di DIY tidak pernah dirayakan. Harapan kami tahun 2017 juga dapat terealisasi tolong DPRD DIY mengawal ini.

Kita juga memiliki permasalahan dengan tanah kas desa karena ada dalam aturan mengatur apabila sewa sudah habis di kembali menjadi tanah desa. Gedung tersebut merupakan bantuan presiden hak pakai dari pemerintah.

Kita juga mempunyai Rumah sakit Patmasuri rumah sakit yang di inisiasi oleh para veteran sekarang dalam keadaan terpuruk, saat ini masih operasional. Perlu di ketahui Rumah sakit veteran hanya di DIY dan di dunia hanya ada 3 di Amerika, Taiwan dan Indonesia.

Veteran itu bukan hanya tentara namun juga unsur rakyat yang berkelahi dengan tentara asing, terdapat kategori  veteran pejuang, pembela, perdamaian dan anumerta. Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Ketua DPRD DIY Yoeke indra menanggapi hal-hal yang telah di sampaikan, kita akan serap informasi ini terlebih lagi kehadiran LVRI ini telah termaktub dalam bentuk UU dimana dalam Pasal 19 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2012 tentang veteran Republik Indonesia Pemerintah memberikan dorongan dan bantuan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia untuk melaksanakan tugasnya. Saya harap pemerintah daerah DIY memperhatikan ini.

Senada dengan ketua DPRD  Darma Setiawan sampaikan , Nanti pada saat KUA PPAS kami akan tanyakan ke pemda, tolong kami diingatkan agar pemerintah daerah memperhatikan Veteran di DIY. (az)

lvri diy audiensi dengan dprd diy (3) lvri diy audiensi dengan dprd diy (2) lvri diy audiensi dengan dprd diy (1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*