Warga Gumuk Pasir Parangtritis melakukan Audiensi dengan Komisi A

Senin (31/10/2016) perwakilan wdsc_0800arga gumuk pasir Parangtritis mendatangi Gedung DPRD DIY untuk mengadakan audiensi sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya. Pada kesempatan tersebut, perwakilan warga yang berjumlah 30 orang bersama Sugiono dari LBH diterima oleh ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana bersama Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto di ruang Rapat Paripurna lantai 2.

Dalam tuntutannya, warga yang diwakili oleh Mbah Watin menginginkan kejelasan nasib mereka. Mbah Watin mengatakan warga sudah lama tinggal ditempat itu dan sudah menggantungkan hidup mereka, sehingga merasa berat untuk pergi dari sana. Ditambah lagi tempat relokasi yang sangat jauh dari darah Prangtritis. “Dari tanahnya masih rungkut hingga terawat sekarang, kami yang mengurus itu”, ungkapnya.

Menanggapi tuntutan warga  terebut, Eko Suwanto mengatakan sedang meneliti lebih lanjut berkas yang diberikan oleh perwakilan warga. Eko menambahkan, berkas yang dilengkapi diantaranya peta yang jelas dan jumlah warga yang ada. “ Kami akan meneliti lebih lanjut. Namun, berkasnya harus dikengkapi dahulu agar kami dapat menindaklanjuti lebih jauh”, ungkap Eko Suwanto. Eko meminta agar warga bersabar dan mengikuti runtutan hukum yang ada. “Kalau besok berkasnya sudah lengkap, kita tindak lanjuti besok juga”, imbuhnya.

Setelah berkas lengkap, maka Komisi A akan melakukan koordinasi dengan beberapa instasi terkait seperti Dinas Pertanahan, Satpol PP, Biro Hukum dan Pemda Bantul. (Aw)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*