Hari Ini Anggota KPID DIY Dilantik, Ketua DPRD DIY Hadiri Pelantikannya

Jogja, dprd-diy.go.id – Ketua DPRD DIY, Nuryadi, S.Pd. menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY di Gedung Pracimasana, Komplek Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat (19/01/2024). Tujuh Anggota KPID DIY masa jabatan 2023-2026 resmi dilantik langsung oleh Gubernur DIY.

Pelantikan ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur No. 431/KEP/2023 tentang Penetapan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa KPID DIY sebagai regulator penyiaran di Indonesia dan sebagai representasi publik, maka sudah selayaknya berpihak kepada kepentingan publik terutama dalam penyajian muatan yang dapat memberikan kemaslahatan masyarakat.

“Hari ini Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki komposisi baru dengan dilantiknya anggota KPID DIY dalam masa jabatan 2023-2026. Tentu menjadi tantangan bagi KPID DIY untuk dapat meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas dan fungsi juga mengawasi berbagai pengaturan penyiaran yang dapat menguntungkan masyarakat dengan lembaga penyiaran ini,” ungkap Gubernur DIY.

Melalui sambutannya, Gubernur DIY berharap Anggota KPID DIY yang dilantik dapat menjadi agen perubahan dan intelektual di bidang penyiaran serta dapat mengawal kinerja KPI sebagai lembaga yang netral. Selain itu KPID DIY harus dapat menjamin masyarakat untuk memenuhi informasi yang layak dan benar, terlebih menjelang dilaksanakannya pesta demokrasi 2024, KPID DIY akan menghadapi tantangan untuk menjawab potensi-potensi pelanggaran, khususnya di bidang penyiaran.

 “Saya berharap para anggota KPID DIY yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini dapat menjadi agen perubahan dan agen intelektual di bidang penyiaran. Serta dapat mengawal kinerja KPID sebagai lembaga yang netral, independen, berorientasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta memiliki semangat dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat DIY,” imbuh Gubernur DIY dalam sambutannya.

Melalui kolaborasi dan sinergi dengan instansi terkait, KPID DIY diharapkan mampu mengawasi agar lembaga penyiaran ini di publik bisa menjaga netralitas dan mencipatakan iklim yang kondusif.

Hazwa Iskandar Jaya sebagai anggota KPID DIY yang baru saja dilantik mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan arahan yang banyak dari Gubernur terkait langkah membangun sistem penyiaran di DIY agar bermanfaat bagi masyarakat sebagai representasi dari publik. Serta diharapkan dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak di DIY agar perkembagan penyiaran di DIY benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Yogyakarta, terutama terkait keistimewaan DIY. (fau/gz)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*