Koalisi Mahasiswa Yogyakarta “Peduli Hukum dan Konstitusi” menggelar aksi di halaman DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Jumat, (24/02/2017) – Koalisi Mahasiswa Yogyakarta “Peduli Hukum dan Konstitusi” menggelar aksi di halaman DPRD DIY Mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mencabut status Gubernur Basuki Tjahaya Purnama.

Dalam orasi aksi di jelaskan alasan Koalisi Mahasiswa Yogyakarta mendesak presiden untuk segera memberhentikan Gubernur Jakarta karena Basuki Tjahaya Purnama telah didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum telah melakukan kejahatan sebagaimana diatur dalam Pasal 156 huruf a KUHP dan Pasal156 KUHP. Pasal 156a KUHP yang mengancam Ahok dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 5 (Lima) tahun.

Pemberhentian segera Ahok didasarkan pada ketentuan hukum dalam Pasal 83 ayat (l) UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diatur bahwa “Kepala daerah dan Atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD karena    di dakwa melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan negara, dan atau perbuatan lain yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Jelas bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 83 ayat (1) UU Pemda, Ahok harus diberhentikan sementara oleh Presiden (Pasal! 83 ayat (3) UU Pemda).

Koalisi Mahasiswa Yogyakarta Menuntut 3 hal pertama, Presiden Jokowi mengambil keputusan, segera menerbitkan Kepres Pemberhentian Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kedua, Karena sampai saat ini belum ada kepastian dari Presiden Jokowi, maka dengan ini kami Mendukung adanya hak angket, serta mendesak agar DPR RI segera melakukan sidang paripurna Untuk menyatakan Presiden melanggar hukum untuk selanjutnya disampaikan kepada Mahkamah konstitusi agar memeriksa dan memutus dugaan pelanggaran hukum presiden dan ketiga, Meminta kepada Presiden Jokowi agar menjadi panutan dalam kepatuhan hukum.

Plt Sekretaris DPRD DIY Benny Suharsono menemui teman-teman mahasiswa dan menyampaikan “kami selaku sekretariat DPRD DIY akan melaksanakan sesuai fungsi memberikan fasilitasi kepada teman mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi. Tuntutan dari mahasiswa akan kami tindaklanjuti kepada Pimpinan DPRD DIY. (az)