Komisi C Tinjau Lokasi Kerusakan Irigasi di Kalurahan Sumberagung dan Sumberarum

Jogja, dprd-diy.go.id – Gimmy Rusdin Sinaga, S.E. , Ketua Komisi C bersama anggotanya yakni Sadar Narima, S.Ag., SH dan H. Muhammad Yazid, S.Ag. melakukan kunjungan dalam daerah ke Kalurahan Sumberagung dan Sumberarum, Moyudan, Sleman. 

Kunjungan yang dilakukan pada hari Rabu (30/08/2023), dilakukan untuk meninjau langsung lokasi kerusakan saluran irigasi yang menghubungkan Padukuhan Kaliurang Sumberagung dengan Kalurahan Sidorejo Godean, kerusakan D.I Krandon, rencana pembuatan Embung di Padukuhan Pendulan Sumberagung Moyudan, serta permasalahan imigrasi di Kawasan Sumberarum.

Lurah Sumberagung melaporkan bahwa saluran yang rusak sebenarnya berada di daerah Sidorejo sehingga Sumberagung tidak mempunyai kewenangan untuk memperbaiki padahal saluran ini sangat dibutuhkan warga untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. 

“Harapan dari warga ini segera diperbaiki karena saluran ini sekarang tidak bisa mengairi sampai yang ujung dan menghambat perikanan,” ucap Lurah Sumberagung. 

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU-ESDM Provinsi Yogyakarta, Subarja, S.T menyampaikan bahwa saluran ini milik bendung Kabupaten Sleman. Sehingga, secara program ini diluar kewenangan provinsi. 

“Saya minta tolong kepada dinas PU provinsi agar berkoordinasi dengan PU Kabupaten untuk mengatasi permasalahan ini. Perihal dana, Kalo misalnya dari APBD tidak bisa, coba saja menggunakan dais. Yang penting bagaimana caranya ini harus teratasi,” tegas Gimmy Rusdin Sinaga, S.E selaku ketua komisi C. (gis)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*