Pelajari Kegiatan dan Tupoksi Bapemperda, DPRD Maluku Utara Kunjungi DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Rendradi Suprihandoko, SH., M.Hum ketua Bapemperda Perdais DPRD DIY menerima kunjungan tamu Bapemperda DPRD Provinsi Maluku Utara yang dipimpin oleh Ishak Maser, S.E. Kunjungan ini bertujuan untuk menggali informasi dan mengetahui kegiatan-kegiatan Bapemperda DPRD DIY agar dapat menjadi masukan dan pembelajaran DPRD Maluku Utara. Ishak Maser menyampaiakan bahwa selain untuk pembelajaran dalam kegiatan Bapemperda, DIY dijadikan salah satu percontohan bagi Maluku Utara dalam pengelolaan pariwisata

Acara yang dimulai pada pukul 13.30 WIB diawali dengan penjelasan umum profil dan Alat Kelengkapan Dewan oleh Rendradi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan kegiatan Bapemperda DPRD DIY terkait dengan penyusunan pokok-pokok pikiran, penyusunan rencana program daerah, adanya Perdais berdasarkan UU Keistimewaan, serta topik yang sedang dibahas dalam Bapemperda saat ini. “Pembahasan terakhir Bapemperda memiliki draft Raperda tentang Tata Cara Pembentukan Propemperda. DIY sudah merencanakan dan mengundang stakeholders terlibat untuk berdiskusi, sehingga diharapkan kebijakan di DIY semakin terencana dan tersusun dengan baik, terdapat output dan outcomes yang bisa terwujud sesuai harapan masyarakat,” jelas Rendradi. Sejalan dengan hal tersebut, penjelasan ditambahkan oleh Rio Kamal Syiefa selaku Kasubag Pembentukkan Produk Hukum bahwa Raperda yang dibahas dalam Bapemperda melibatkan tenaga atau staff ahli yang berasal dari kalangan akademisi, sehingga dapat selalu dikaji dan mampu memberikan masukan-masukan untuk kebijakan yang baik dan dapat diterima semua pihak.

Rapat kunjungan yang juga dihadiri Sekretaris Dewan, Drs.Beny Suharsono, M.Si juga menyampaikan bahwa selesainya produk hukum dan perencanaan menjadi salah satu tolok ukur kinerja Dewan, disamping itu juga aktif melibatkan partisipasi NGO dan masyarakat secara aktif agar produk hukum yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. (ra)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.