Bank Sampah Jadi Solusi Penumpukan Sampah di DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Selasa (19/11/2019) sejumlah wartawan unit DPRD DIY mengadakan kegiatan forum wartawan terkait Bank Sampah. Kegiatan turut dihadiri Anggota DPRD DIY, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), dan Dosen POLTEKES.

“TPST Piyungan sudah sangat overload, karena setiap harinya ada 600 ton sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir tersebut,” ucap Agus Setiyanto Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran DLHK DIY.

Permasalahan tersebut mendorong pemerintah mencari solusi bahwa bank sampah dapat membantu menyelesaikan persoalan penumpukan sampah di DIY. Bank sampah di DIY sendiri sudah banyak membantu dalam pengurangan sampah yang menumpuk di TPST Piyungan hingga 6 persen.

Sistem dari bank sampah itu sendiri, memiliki sistem seperti bank pada umumnya. Dimana masyarakat yang ingin menabung akan diberikan buku tabungan.

Pada bank sampah di suatu daerah di DIY diberikan buku tabungan bank sampah atas nama anaknya. Tujuannya adalah agar dari cara tersebut dapat menghasilkan generasi penerus yang peduli lingkungan serta uang yang didapatkan bisa menjadi tabungan biaya edukasi anak. (my)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*