Bapemperda Selesaikan Pembahasan Propemperda Tahun 2024

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY melaksanakan rapat kerja dengan Bapemperda untuk melakukan pembahasan Propemperda tahun 2024. Pada rapat ini, bertujuan untuk memfokuskan pembahasan mengenai persetujuan penjadwalan pembahasan Raperda dan Raperdais yang sesuai dengan penjadwalan di tahun 2024. Berlangsung pada Selasa (14/11/2023) di Ruang Bapemperda LT. 2 DPRD DIY.

Rapat kerja kali ini dipimpin oleh Dr. Hj. Yuni Satia Rahayu, S.S., M.Hum, dihadiri oleh Biro Hukum dan perwakilan pada setiap Komisi. Di awal rapat, Yuni menyampaikan terkait dengan bahan untuk pembahasan rapat kerja Propemperda saat ini.

“Acara kita hari ini adalah rapat kerja Bapemperda DPRD DIY berkaitan dengan penjadwalan Raperda dan Raperdais untuk 2024. Penjadwalan itu termasuk dari triwulan I hingga triwulan IV,” ujar Yuni.

Pada isi pembahasan rapat, Propemperda 2024 sudah melalui tahapan-tahapan pembahasan dari naskah akademik. Kemudian, Rancangan dan susunan Propemperda juga ditampilkan pada saat rapat untuk dikaji serta apabila ada perubahan, nantinya akan segera diubah. Dengan demikian, pembahasan Raperda & Raperdais juga bisa disesuaikan nantinya dengan adanya persetujuan dari perwakilan Komisi DPRD DIY.

Usulan yang diberikan oleh perwakilan Komisi B muncul yaitu yang pertama dari Andriana Wulandari, SE terkait dengan penambahan Perda Pengawasan Pariwisata, dan juga diperlukan terkait dengan daftar raperda lama supaya dapat terlihat apakah masih efektif untuk diterapkan pada saat ini.

Usulan dari Andriana tersebut juga didukung oleh Nurcholis Suharman S.I.P., M.SI. selaku perwakilan Komisi D. Ia menyampaikan bahwa apabila ada daftar Perda lama, maka akan terlihat keefektifan dari raperda yang dapat dilaksanakan sesuai dengan keadaan saat ini.

Yuni selaku pimpinan rapat kerja juga menyetujui masukan-masukan yang ada. Tetapi, untuk Bapemperda, Raperda dan Raperdais tidak ada perubahan sama sekali. Sehingga, Propemperda dapat diajukan kepada pimpinan DPRD DIY guna untuk dilakukannya pengesahan. (ve)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*