Belanja Tidak Terduga 7,3 Miliar Dikerahkan untuk Penanganan Covid-19

Jogja, dprd-diy.go.id – Melanjutkan pembahasan KUPA PPAS APBD DIY Tahun Anggaran 2020, Badan Anggaran DPRD DIY melaksanakan finalisasi pembahasan pasa Rabu (09/09/2020). Sebelumnya komisi – komisi telah menyampaikan laporan pembahasan bersama mitra kerjanya dan telah ditanggapi positif oleh TAPD dan Sekretaris Daerah DIY.

Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua Badan Anggaran menyampaikan bahwa sebelumnya Badan Anggaran telah menyepakati untuk mengerahkan anggaran untuk penanggulangan Covid-19. Dukungan anggaran ini diberikan dalam rangka meningkatkan kembali upaya penanganan Covid-19 yang dirasa masih belum sesuai.

“Kita (Badan Anggaran) sepakat kerahkan sebagian untuk anggaran Covid-19. Sehingga dukungan anggaran ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan terkait kondisi situasi kita sekarang. Kita sepakati 7,3 miliar rupiah untuk menambah kebutuhan penangan Covid-19 yang masih belum sesuai keinginan kita bersama,” tutur Huda.

Muhammad Yazid, Anggota Komisi D menjelaskan bahwa pemberian anggaran tersebut sejalan dengan kebutuhan para relawan, gugus tugas, dan tenaga medis terkait ketegasannya. Menurut Yazid, Pemda DIY juga dapat menyalurkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang dapat digunakan untuk para petugas penanganan Covid-19. 

“Kita lihat keadaan terkait Covid-19 masih susah. Di luar prestasi DIY yang luar biasa, kita tidak bisa lupakan ada pasien di puskesmas yang melimpah sementara relawan semakin berkurang. Ini kesempatan kami mengusulkan tidak hanya kewenangan kabupaten/kota, tapi juga provinsi untuk memberikan BTT 7,3 miliar ini,” tutur Anggota Fraksi Nasdem PSI PD.

Kadarmanta Baskara Aji, Sekretaris Daerah DIY menegaskan Pemda DIY sangat menyayangkan berkurangnya relawan dalam gugus tugas Covid-19 di DIY. Aji berharap pemda dan para relawan dapat terus berkolaborasi dalam menangani Covid-19 di DIY.

“Kami sampaikan terimakasih atas masukannya. Kami akan lakukan introspeksi dan menyelesaikan konflik internal. Saya ingin pemerintah dan relawan bergandengan tangan,” ungkap Aji. 

Melalui Sekretaris Daerah DIY, Huda berpesan pemberian BTT 7,3 miliar rupiah tersebut dapat digunakan untuk memerhatikan dan menjaga semangat para relawan dan petugas penanganan Covid-19. Menurutnya terkait dengan situasi pandemi seperti saat ini, urusan kesehatan menjadi persoalan urgen bagi pemerintah daerah. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*