Dinas Pariwisata DIY Bahas Program Pariwisata untuk Tahun 2021

Jogja, dprd-diy.go.id – Komisi B DPRD DIY menggelar rapat kerja bersama Dinas Pariwisata DIY, Rabu (09/09/2020). Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi B DPRD DIY yakni Danang Wahyu Broto dan diikuti oleh Anggota Komisi B DPRD DIY serta Dinas Pariwisata DIY.

Secara umum rapat tersebut membahas langkah Dinas Pariwisata DIY  terkait dengan program-program dari Kementrian Pariwisata.

Pimpinan Komisi B DPRD DIY mengungkapkan bahwa di DIY sendiri, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor utama. Menurutnya apabila sektor pariwisata ini berjalan, maka ekonomi juga akan berjalan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengemukakan bahwa ada beberapa program pariwisata yang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan kondiri keuangan daerah yang terlebih dahulu menurun.

“Melihat dari segi keuangan daerah yg sedang menurun maka mau tidak mau di beberapa bagian program-program pariwisata sendiri mengalami penurunan,” ungkapnya.

Pemaparan lanjutan tentang program Dinas Pariwisata, menurut Singgih secara umum untuk tahun 2021 mengacu kepada program-program yang ada di dalam Permendagri Nomor 90 Tahun 2019.

Singgih turut memerjelas program yang akan menjadi prioritas Dinas Pariwisata DIY pada tahun 2021, diantaranya:
1. Program penunjang urusan pemerintahan,
2. Program pemasaran pariwisata dan,
3. Program pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terkait dengan program ketiga, yakni program pengembangan ekonomi kreatif.

“Program tersebut merupakan penggabungan daripada  program sebelum nya, yakni program pengembangan kapasitas dan pengembangan kelembagaan. Kemudian digabung menjadi pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya di Ruang Komisi B Gedung DPRD DIY. (nis)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*