Finalisasi Pembahasan Raperda TIK

Jogja, dprd-diy.go.id – Rapat Kerja Pansus TIK dilaksanakan pada pukul 09.55 di ruang lobby lt.1 dengan agenda finalisasi Pembahasan Raperda DIY tentang pemanfaatan TIK pada hari Jumat (16/11/2018).  Rapat Pansus BA Nomor 38 Tahun 2018 ini dipimpin langsung oleh Ketua Pansus, dan dihadiri oleh stakeholders terkait, seperti Kanwil Kemenkumham DIY, BAPPEDA DIY, BPBD DIY, Diskominfo DIY, serta Dinas Pertanian dan Tata Ruang DIY. Melihat dari pembahasan-pembahasan sebelumnya, disampaikan “Pembahasan Raperda ini hanya tinggal menyempurnakan pasal-pasalnya saja,” tukas Eko Suwanto selaku Ketua Pansus Pemanfaatan dan Pengelolaan TIK.

Pada awal rapat, Diskominfo memberikan laporan mengenai perkembangan Raperda yang telah dibahas  ditahap-tahap sebelumnya. Disampaikan bahwa Raperda telah melalui tahapan harmonisasi dan sinkronisasi pasal-pasal, agar konsisten dari awal hingga akhir tanpa ada perubahan dari segi subtansialnya.

Sedangkan Raperda yang telah memasuki tahap fasilitasi memiliki beberapa perubahan pada beberapa pasal, diantaranya yaitu pasal 2 mengenai asas, pasal 3 mengenai tujuan, pasal 4 mengenai ruang lingkup, pasal 9 mengenai pembangunan TIK, serta beberapa pasal lainnya yang dirangkum atau disederhanakan agar maksud dan bunyi pasal dapat lebih jelas dan mudah dipahami.

Bambang Chrisnadi selaku anggota Pansus menyampaikan masukan terkait dengan beberapa hal, terutama terkait pasal 13 dan pasal 20. Tanggapan dari Bambang kemudian akan diproses lebih lanjut dengan Diskomino dan Biro Hukum. Dalam tahap finalisasi ini, Eko Suwanto menambahkan satu pasal yaitu berkaitan dengan monitoring dan evaluasi yang termuat dalam pasal 19. (ra)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.