Peringati Hari Pahlawan, DPRD DIY Gelar Wayangan dengan Lakon “Wahyu Makutharama”

Jogja, dprd-diy.go.id – Jum’at (16/11) DPRD DIY menggelar pagelaran seni wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Wahyu Makutharama dengan menghadirkan Dalang Ki Seno Nugroho. Pagelaran ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November yang lalu. Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A DPRD DIY dalam sambutannya mengungkapkan bahwa para Pahlawan memberikan keteladanan dalam tiga hal yaitu keikhlasan berjuang, kerelaan berkorban, dan keikhlasan sekaligus kerelaan untuk selalu mengedepankan kepentingan bangsa, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Disampaikan Eko, pemilihan Lakon Wahyu Makutharama adalah untuk memberikan tuntunan kepada kita melalui Kresna (Begawan Kesawasidi) yang memberikan wejangan kepada Arjuna terkait dengan hasta brata (delapan watak) yaitu pratiwi, suryo, condro, samirono, jaladri, tirto, kartiko, dan dahono. Kedelapan watak tersebut yang melingkupi hati nurani kita menjadi pembimbing hati nurani kita dalam naungan Pancasila dan Keistimewaan DIY.

Saat pagelaran wayang kulit dimulai masyarakat terlihat antusias menyimak dan sesekali tertawa serempak ketika Dalang Ki Seno Nugroho menyelipkan guyonan dalam cerita Wahyu Makutharama. (mc)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.