Komisi A Sampaikan Laporannya di Akhir Masa Ketugasannya  

Jogja, dprd-diy.go.id – Eko Suwanto Ketua Komisi A DPRD DIY menyampaikan laporan kerja Komisi A dalam jumpa pers yang dilaksanakan pada Jumat (30/8/2019). Laporan kerja ini disampaikan Eko dalam rangka mengakhiri masa jabatan Anggota DPRD DIY periode 2014-2019 yang berakhir pada tanggal 31 Agustus esok hari.

Eko menyampaikan ada lima Peraturan Daerah (Perda) yang telah diselesaikan oleh Komisi A selama masa jabatan ini. Sejak menjabat dari tahun 2014, Komisi A telah menginisiasi terbentuknya Perda setiap tahunnya. Pada tahun 2018 Eko menyatakan Komisi A menginisiasi Perda tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah ditetapkan pada akhir tahun lalu.

Pada akhir masa jabatan ini, Eko berharap agar nantinya usulan Raperda dari Komisi A dapat dibahas di periode selanjutnya. Terdapat dua usulan Perda yakni Raperda Pengelolaan dan Pengembangan Wilayah Perbatasan yang ditargetkan pada tahun 2020.

Usulan Raperda tersebut dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, keadilan, dan pengembangan serta tata tertib administrasi di wilayah perbatasan. Kedua, Komisi A mengusulkan Raperda Keterbukaan Informasi Publik dengan harapan agar Pemerintah Daerah DIY dapat melakukan transparansi anggaran serta kinerjanya.

“Ada beberapa program unggulan yang sudah dilaksanakan oleh Komisi A. Pada tahun 2017 kita sudah laksanakan program Sinau Pancasila bersama Pemda yang terus berlangsung sampai tahun ini. Program pemberdayaan pembinaan Satlinmas, sejak 2018 sudah kita fasilitasi. Kami juga terus berupaya ya hingga saat ini dengan mendorong tata ruang DIY berbasis mitigasi bencana dengan pengembangan kelurahan dan desa tangguh bencana,” tutur Eko menjelaskan program unggulan Komisi A.

Sebelum menutup agenda ini Eko menyampaikan pesan agar nantinya Anggota DPRD DIY periode selanjutnya lebih tanggap dalam menyelesaikan permasalahan serta ancaman yang ada di DIY. “Saya sebagai Ketua Komisi A DPRD DIY periode 2014-2019 mengucapkan selamat kepada calon Anggota DPRD DIY terpilih. Semoga kita dapat bekerja bersama untuk menuju tujuan bersama, termasuk dalam transparansi APBD. Kami mohon doa agar nantinya usulan-uslan tadi dapat terselesaikan dengan baik,” tutup Eko. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*