Kunjungan Pascasarjana Prodi Inovasi dan Kepemimpinan Kebijakan UGM  ke DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (24/10/19) Prodi Inovasi dan Kepemimpinan Kebijakan UGM mengunjungi DPRD DIY untuk memenuhi mata kuliah Kebijakan Berbasis Data (Evidance-based policy). Kunjungan para mahasiswa ini dipimpin oleh Agus Heruanto Hadna (Dosen UGM) serta diterima oleh Komisi A dan Komisi B DPRD DIY.

Ketua Komisi A Eko Suwanto serta Ketua Komisi B Danang Wahyu Broto menerima kedatangan mahasiswa. Stevanus Christian Handoko, Hifni Muhammad Nasikh, Sutemas Waluyanto, dan Retno Sudiyanti turut menghadiri pertemuan yang berlangsung di ruang lobi DPRD DIY.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Danang dan Agus selaku pemimpin rombongan menyampaikan tujuan kunjungan. Selanjutnya para dewan memberikan penjelasan yang berkaitan dengan kebijakan  berbasis data.

“Saya menginginkan data yang bisa saya akses melalui gadget saya. Agar saya tahu perubahan jumlah penduduk atau APBD yang sudah digunakan oleh daerah–daerah,” ucap Eko.

Setelah penjelasan yang diberikan Eko dan Danang, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa yang datang.

“Mengenai bagaimana mekanis yang berlaku di dewan terkait secara prosedural di dalam melakukan proses yang bersifat formalistik yang  ugentisitas dan dapat dijadikan upaya  tema kebijakan tapi juga didampingi dengan data yang valid. Prosedur yang formal yang ada di dewan,” tanya salah satu mahasiswa.

“Ya prosedurnya itu pertama sesuai aturan mainnya, seperti apa aturannya seperti apa undang–undangnya. Yang kedua tanyakan ke pemda ada anggarannya atau tidak. Yang ketiga kebijakan yang dikerjakan realitis atau tidak dan bisa dikerjakan atau tidak. Dalam pengambilan kebijakan tidak perlu rumit dan jangan terlalu banyak yang dipertimbangkan,” jawab Eko.

Pertemuan diakhiri dengan  ucapan terimakasih dari dosen UGM ini untuk para dewan yang hadir dan berharap dari pertemuan ini. Agus berharap pertemuan ini menghasilkan suatu input yang dapat diimplemantasikan di daerah asal mahasiswa masing–masing sebagai leader dan policy. (my)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*