Lanjutkan Pembahasan Propemperda 2025, DPRD Kabupaten Karanganyar Pelajari Propemperda di DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Selasa (23/01/2024), DPRD DIY menerima kunjungan dari Bapemperda DPRD Kabupaten Karanganyar dalam rangka membahas Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2025. Kunjungan diterima oleh Sekretaris DPRD DIY, Drs. Imam Pratanadi, M.T. didampingi oleh Rio Kamal Syiefa, S.H., M.AP., M.Sc. selaku Kepala Bagian Pembentukan Produk Hukum dan Pengkajian.

Pada awal rapat kunjungan ini, Joko Pramono S.Sos. selaku Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa dalam kunjungan ini, pihaknya akan mendiskusikan terkait dengan mekanisme pembentukan dan perubahan propemperda.

Selaku Sekretaris DPRD DIY, Imam Pratandi menanggapi berbagai pertanyaan yang telah disampaikan. Salah satu pertanyaan yakni tentang mekanisme pembentukan raperda inisiatif DPRD DIY.

“Untuk judul raperda yang dari inisiatif DPRD DIY, itu kita mendapatkan usulan dari komisi, rapat komisi, dan bapemperda, kemudian segala usulan tersebut akan melalui kajian kelayakan oleh Bapemperda,” terangnya.

Rio turut menambahkan bahwa segala usulan untuk raperda akan disortir dan direkomendasikan kepada Pimpinan Dewan. Sementara itu anggota dewan juga bisa mengusulkan raperda, namun untuk penyusunannya tetap secara komisi.

“Kalau usulan Anggota Dewan boleh mengusulkan, nanti akan disortir dan direkomendasikan kepada pimpinan dewan, untuk penyusunannya tetap ke arah penetapan komisi,” ungkapnya.

Usai mendapatkaan informasi terkait, Joko Pramono selaku Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Karanganyar mengucapkan terima kasih kepada DPRD DIY karena telah menerima kunjungan dengan baik dan ia berharap propemperda dapat berjalan dengan baik. (au)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*