Paparan RKPD DIY Tahun 2018 oleh Eksekutif di Banggar

Jogja, dprd-diy.go.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY mengadakan rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto. Hadir dalam pertemuan Pimpinan Dewan lain, Darma Setiawan, Anggota Dewan dari Fraksi PAN, PKS, PKB, Persatuan Demokrat, Golongan Karya, Gerindra.  Selain itu juga hadir beberapa Tenaga Ahli Fraksi, Sekda, dan TAPD.

Rapat kerja dibuka dengan paparan mengenai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 yang disampaikan oleh Ketua Bappeda DIY Drs. Tavip Agus Rayanto, M. Si. Dalam kesempatan tersebut, Tavip menjelaskan bahwa terdapat 1114 usulan yang diberikan oleh berbagai Fraksi, usulan tersebut terdiri dari 360 usulan bidang Ekonomi, 68 usulan bidang Prasarana, 619 bidang Sosial Budaya, dan 67 usulan bidang Pemerintah. Dari 1114 usulan hanya 447 usulan yang dinilai mungkin untuk direalisasikan, terkait dengan pertimbangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD yaitu kewenangan, lokasi sasaran, dan tahapan kontruksi yang belum dilakukan. Dengan adanya pertimbangan tersebut Eksekutif memberikan opsi sebagai jalan keluar. Eksekutif berharap dengan adanya paparan tersebut, untuk segera mendapatkan tanggapan dari pihak Legislatif.

Menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh Tavip pada prinsipnya Dewan sangat memberikan apresiasi, dan setuju dengan opsi yang telah dibuat oleh pihak Eksekutif. Terkait dengan waktu untuk menindak lanjuti apa yang telah dipaparkan oleh Tavip, Dewan akan memberikan tanggapan secepat-cepatnya dalam pembahasan, baik ditingkat badan anggaran maupun komisi mengingat waktu yang sudah sangat mendesak. Terkait dengan pembahasan tersebut, pimpinan dewan juga menekankan agar dalam pembahasannya hanya pada programnya saja.

Rapat kerja ditutup dengan kesepakatan untuk mengadakan rapat kerja kembali pada tanggal 5 dan 6 Juli 2017 dengan sistem panel ditingkat Badan Anggaran kemudian dilanjutkan ditingkat Komisi agar dapat lebih mudah mempercepat pembahasan untuk mencapai persetujuan bersama RKPD 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.