Pelatihan ToT Guru tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif Keistimewaan Yogyakarta

Jogja, dprd-diy.go.id – Politisi muda DPRD DIY, Dr. Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom., MM., hadir sebagai narasumber dalam acara pelatihan ToT Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Guru-guru SMA dan SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta (25/10/2023) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemda DIY.

“Pelatihan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan telah menjadi salah satu aspek penting dalam membangun guru yang memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Pancasila, wawasan kebangsaan dalam perspektif keistimewaan Yogyakarta”, ujar Dr. Raden Stevanus.

“Pelatihan ini memberikan landasan yang kuat bagi guru dalam mendidik pelajar (generasi muda) dengan penuh semangat persatuan, cinta tanah air dan penuh pemahamaan akan pentingnya Keistimewaan Yogyakarta dalam sejarah terbentuknya Republik ini”, ungkap Dr. Raden Stevanus.

Pancasila adalah dasar ideologi negara Indonesia. Dalam konteks pendidikan, guru memiliki tanggung jawab untuk meneruskan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa. Guru menjadi ujung tombak untuk meneruskan, menyampaikan berbagai data dan informasi mengenai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan serta tentang keterkaitannya dengan Keistimewaan Yogyakarta.

“Melalui pelatihan kegiatan semacam ini diharapkan dapat membantu guru untuk memahami makna dan implikasi dari setiap sila Pancasila dan keterkaitannya dengan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta”, ujar Dr. Raden Stevanus

Dr. Raden Stevanus menyampaikan hal Ini mencakup nilai-nilai seperti kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, demokrasi yang berkeadilan, dan keadilan sosial bagi seluruh warga. Memahami dan meresapi nilai-nilai ini adalah kunci untuk menciptakan generasi muda yang mencintai tanah air dan memahami pentingnya persatuan dalam keragaman serta pemahaman pentingnya keistimewaan Yogyakarta.

“Pelatihan ini membantu guru untuk menggabungkan nilai-nilai Pancasila dengan karakteristik dan keunikan nilai-nilai luhur Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini menciptakan guru yang dapat meresapi nilai-nilai lokal (kearifan lokal) dalam kerangka yang lebih besar dari persatuan nasional”, ujar Dr. Raden Stevanus.

“Pelatihan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi guru adalah upaya penting untuk mempersiapkan generasi muda yang mencintai Indonesia, menghargai keberagaman, dan memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Pancasila. Dengan perspektif yang khusus pada keistimewaan Yogyakarta, pendidikan ini memperkuat kesatuan dalam keragaman dan mempertahankan warisan sejarah yang kaya dalam konteks global yang terus berubah. Dengan demikian, pelatihan ini berfungsi sebagai tonggak penting dalam menjaga nilai-nilai Pancasila dan keistimewaan Yogyakarta”, pungkas Dr. Raden Stevanus. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*